Laman

Powered By Blogger

Jumat, 01 Juni 2012

tahun baru


JALAN EMAS MENUJU TAHUN BARU

Oleh
Aprilia Intan Retno Wulan dan Fatma Tifani


Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia. Tahun baru itupun bermacam-macam contohnya, tahun baru masehi, tahun baru hijriah yang dalam perayaanya dirayakan masyarakat yang beragama Islam, dan banyak lagi macamnya. Beberapa negara pun ada yang merayakan tahun baru sendiri yang mungkin negara lain tidak merayakanya. Salah satu contoh tahun baru Jepang. Yakni hanyalah negara Jepang yang merayakannya.
Arti Momen Penting Tahun Baru
Tak terasa, setahun sudah melewati hari-hari di tahun 2011. Tiba saatnya sudah menginjak di tahun 2012. Dimana-mana ini pasti ada banyak perayaan untuk menyambut dan merayakan kedatangan tahun baru diujung dunia. Tahun baru sebagian masyarakat menganggap momen indah. Tapi bagaimanapun juga setiap orang berbeda menilai momen tersebut, tergantung dari sudut pandang mana mereka melihat.
Merayakan tahun baru bukanlah hal yang rumit. Banyak cara untuk merayakanya. Dari yang membutuhkan modal untuk menyediakan beberapa material dan ada pula yang tidak perlu memerlukan modal, atau hanya dangan modal yang sedikit. Contoh dalamam merayakan tahun baru yaitu pesta kembang api yang mungkin sudah umum, mengunjungi tempat-tempat wisata, dan ada pula yang merayakannya dengan doa bersama. Dari macam-macam itulah yang sudah umun dirayakan di berbagai negara, sebenarnya masih banyak lagi cara merayakan tahun baru yang belum disebutkan. Dalam perayaanya tak menentukan usia ataupun tingkat ekonomi. Siapapum bebas merayakannya, yang penting masih didalah hal-hal yang baik dan tidak menyimpang dari hukum.
Pada umumnya di kota-kota di Indonesia merayakanya dengan pesta kembang api, sebelum pesta kembang api dilaksanakan, ada hiburan-hiburan yang menarik perhatian masyarakat yaitu acara seperti musik band, orkes melayu, lawak, ataupun akrobat-akrobat yang membuat masyarakat tambah bersemangat menunggu detik-detik pergantian tahun. Pesta kembang api dilaksanakan pas waktu menunjukkan jam dua belas lewat satu detik waktu setempat. Dan dilakukan dengan menghitung waktu mundur. Pesiapannyapun tak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal yang harus dipenuhi agar pesta tahun baru tersebut berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Disamping itu, tak jarang masyarakat mengucapkan selamat tahun baru kepada kerabat, teman, ataupun kepada rekan-rekannya menggunakan media sms atau telpon. Ada pun cara laen yang digunakan untuk merayakannya yakni denga bertukar kado istimewa, pada umumnya cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang masih dianggap belia/kaum muda. http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&jd=Makna+Tahun+Baru+2012&dn=20111223235528
Detik-Detik Puncak Malam Tahun Baru
Di penghujung tahun 2012 tak lain adalah malam tahun baru merupakan momen yang sangat penting dan menarik, berbagai cara dilakukan untuk merayakannya,  masing-masing merayakan dengan beragam perilaku namun setiap usia punya cara memandang sendiri untuk usia yang masih muda, baginya tahun baru 2012 adalah sesuatu momen yang mesti dirayakan dengan kemeriahan,  pergi bersama teman sepanjang malam hingga pagi hari di tempat yang disepakati bersama, selain ada rencana pesta kembang api itu, banyak acara yang diselenggarakan oleh anak muda diantaranya :
1.                  Nongkrong di Warkop (coffee)
2.                  Main musik di pinggir jalan
3.                  Makan jagung rame-rame
4.                  Nongkrong di brantas sambil bermesraan bersama ….tiiit….
5.                  Mubeng-mubeng
6.                  dan sebagainya…
 namun, bagi yang telah dewasa tahun baru bisa dimaknai beragam,  mungkin saja dianggap  tahun biasa saja, berjalan-jalan menikmati keramaian malam hari sebelum jam 12 bersama keluarga. Benar-benar ingin menikmati bersama keluarga, Namun sebaliknya, ada juga yang kemudian merenung dan berfikir kembali.
Dampak Positif dan Dampak Negatif Dari Perayaan Tahun Baru
Perayaan pergantian tahu baru saja berlalu dengan segala keramaian layaknya pesta, berbagai panggung hiburan ditempat wisata, cafe, hotel dan di jalan-jalan. Hiruk pikuk dengan berbagai   bunyi-bunyian mulai dari teropet, knalpot, sampai ledakan kembang api dan mercon. Banyak diantara kalangan yang tidak setuju dengan model pesta perayaan pergantian tahun karena terdapat beberapa dampak negatif perayaan tahun baru

Namun seperti peribahasa “anjing menggonggong kafilah pun berlalu” banyak yang tidak setuju tapi banyak pula yang setuju. Kalau dihitung-hitung atau dibanding banding sepertinya lebih banyak yang setuju dengan perayaan model pergantian tahun yang hingar bingar dengan pesta kembang api. Ini bukan berarti yang setuju dengan perayaan tersebut lebih benar, tergantung dari kaca mata mana memandang hal tersebut. Kalau dari segi manfaat secara bisnis untuk perputaran uang memang  perayaan  tahu baru bermanfaat seperti halnya hari raya roda ekonomi akan cepat berputar. Tapi dari dampak negatif perayaan tahun baru efek yang timbul kadang-kadang banyak merugikan dari segi pemborosan serta  pengotoran lingkungan  dengan polusi yang ditimbulkan. 
Berikut adalah 10 dampak negatif perayaan tahun baru yang berhasil di himpun oleh blogger berdasarkan hasil pengamatan
1.      Pemborosan, dengan pesta yang meriah tentunya banyak biaya yang dikeluarkan misalnya panggung, mercon, kembang api, membayar tiket di tempat-tempat seperti tempat wisata, kafe dan lain-lain.
2.      Ketertiban, konsentrasi masa di tempat-tempat tertentu sehingga diperlukan pengamanan ekstra ketat ini menjadi pekerjaan tambahan bagi aparat keamanan atau polisi.
3.      Polusi, atau pencemaran lingkungan terjadi pada udara dengan pembakaran kembang api, termasuk dari knalpot kendaraan bermotor yang menghasilkan karbon dioksida sisa pembakaran bisa menyumbang pemanasan global di tengah-tengah slogan “go green” dan “stop global warming”. Pencemaran lingkungan yang lain adalah sisa dari perayaan pergantian tahun selalu meninggalkan sampah berserakan yang jumlahnya tidak sedikit.
4.      Pergaulan bebas remaja, banyak orang tua yang terlalu membebaskan anaknya dalam pergaulan antar jenis dan sangat mengkhawatirkan.
5.      Korban kecelakaan,  hampir tiap tahun dalam peserta perayaan pergantian tahun, sering terjadi kecelakaan, akibat mercon, kembang api atau lalu lintas yang selalu memakan korban jiwa.
6.      Mengurangi produktivitas atau etos kerja, akibat begadang semalaman serta terganggunya kesehatan fisik sehingga begadang semalaman tidak cukup diganti tiga malam.
7.      Bagi Umat Islam Karena begadang semalaman sering kali solat subuh terlambat atau terlewat ini termasuk dosa besar meninggalkan atau melewatkan solat dengan sengaja.
8.      Perayaan tahun baru banyak yang keliling kota menelusuri jalan sambil meniup teropet menggunakan kendaraan bermotor yang memakai bahan bakar dengan subsidi sehingga menghamburkan anggaran Negara untuk subsidi BBM.
9.      Gangguan kesehatan bagi pelaku karena kurang tidur, bagi remaja timbul jerawat, sakit pipi bekas tiup terompet, telinga katarak akibat mendengar bising terompet dan ledakan mercon.   
Selain dampak negatif ada juga dampak positif yang ditimbulkan dalam perayaan malam tahun baru, antara lain:
1. Bisa ngumpul-ngumpul bareng keluarga, sodara, sahabat, temen-temen & komunitas sambil bakar ikan, ayam, kambing, sapi, ya pokonya apa aja deh yang bisa dibakar
2. Bisa liat berbagai macam kembang api yang menghiasi langit di malam hari yang indah
3. Rezeki bagi sie kebersihan tempat perayaan malam tahun baru .
4. Menghilangkan rasa stress atau mengfreskan pikiran sehabis aktivitas seperti bersekolah ataupun bekerja.
Langkah Pasti Menuju Tahun Depan
Perubahan adalah kata kunci memasuki tahun 2011 yang sedang berjalan ini. Kita tidak bisa tetap tinggal seperti tahun lalu untuk memasuki tahun yang penuh tantangan ini.
Kekelaman sedang menutupi bumi dan bangsa-bangsa. Tanda-tanda jaman akhir sudah dimulai; gempa bumi dan bencana alam semakin intens, perubahan iklim semakin ekstrim, badai, banjir di mana-mana.
1. Pertama, kita harus bangkit dari kenyamanan dan kemalasan. Perubahan hanya bisa terjadi bila kita bangun dari kenyamanan dan kemalasan. Banyak  pengusaha dan profesional yang tidak pernah mencapai yang terbaik dan memberi yang terbaik pada orang yang ada di sekitarnya, keluarga,  maupun perusahaan karena tidak mau keluar dari zona nyaman dan aman. Dalam bahasa sederhananya tidak mau repot dan mengambil resiko. Kita puas dengan hal yang bukan yang terbaik. Bahkan banyak orang merasa cukup dengan hal yang menyedihkan dan menganggap itu hal yang seharusnya diterima
2. Kedua, kita harus bangkit dari kelumpuhan. Banyak orang profesional yang lumpuh secara roh dan jiwa. Ciri orang lumpuh selalu harus digendong dan ditolong, lemah dan tak berdaya. Jangankan membantu orang lain, membawa diri sendiri saja sudah sulit. Kelumpuhan roh dan jiwa bisa terjadi oleh berbagai hal:
a. Pornografi, penyelewengan, sehingga mereka tidak bisa lagi fokus pada pekerjaan dan pelayanannya, karena selalu dilumpuhkan oleh rasa tertuduh.
b. Kebiasaan buruk seperti berhutang dan sikap tidak bertanggung jawab. Putuskan untuk memulai sesuatu yang baru pada tahun baru ini. Hentikan sikap boros dan pamer. Putuskan untuk mencicil semua hutang dan berhenti membuat hutang yang baru, sebelum kita  terlilit lingkaran hutang yang tak ada akhirnya.
c. Hubungan dengan sesama yang buruk, kepahitan dan kemarahan, sehingga membuat kita apatis, skeptis bahkan destruktif. Mungkin orang tersebut bersalah, tetapi sikap pahit malah akan membuat kita menjadi lumpuh secara
rohani.
Mulai membuka kembali lembaran-lembaran lamanya dan berfikir lagi atas pencapaian yang selama ini diraih baik tentang karirnya, juga keluarganya, dan kedewasaannya. Mencoba kembali melihat kesalahan-kesalahan yang dialami dan berfikir lagi ke depan apa yang mesti dilakukan. apakah akan tetap meneruskan apa yang dikerjakannya selama setahun ini atau mungkin selama lima tahun ini atau mungkin lebih dan ingin melakukan perubahan draktis di tahun mendatang. ataukah tetap seperti tahun ini namun dengan sedikit perubahan. Semua bisa menebak apa maksudnya. Lebih jelasnya, melakukan instrospeksi diri. Tahun demi tahun berganti dan apakah aku akan tetap seperti ini. Tiada kemajuan sama sekali. ataukah mungkin memang inilah tahun  terbaikku karena di tahun ini begitu banyak perubahan lebih baik dan lantas apakah tahun mendatang akan mengalami tantangan yang jauh lebih besar atau tidak.terlepas dari semua itu, merayakan tahun baru akan sangat menyenangkan. biarlah waktu berlalu. meski ungkapan waktu itu ibarat setajam pedang atau pisau. jika tidak hati-hati ke depan entah apa yang terjadi.Tidak ada kata yang lebih tepat selain, lebih keras lagi ataukah mungkin sudah bekerja keras namun perlu ada sedikit perubahan. Apakah di tahun ini, target-target yang diimpikan sudah tercapai. lantas di tahun baru nantinya apakah akan terbuka peluang lagi. kemana kaki ini mesti dilangkahkan. Tiada kata lebih tepat selain berharap, semoga tahun baru nantinya kehidupan kita akan lebih baik.
Cara Hidup Sehat Di Tahun Baru
. Cara hidup sehat sepanjang tahun, siapa yang tidak menginginkannya. Semua orang tentu ingin hidup sehat setiap harinya. Namun, menjaga untuk tetap sehat tidaklah mudah. Selain menjaga kesehatan tubuh dengan mengimbangi makanan dan minuman yang sehat bernutrisi, Anda juga diwajibkan untuk tetap selalu berpikiran positif. Dan inilah hal yang paling penting dalam mendukung hidup Anda jauh lebih sehat.
Penghujung tahun 2011 akan segera berakhir. Kini, saatnya untuk mengubah pola hidup sehat Anda dalam memasuki tahun yang baru. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk selalu bisa hidup sehat. Dengan menjaga pola gaya hidup yang baik dan teratur tentu bisa Anda peroleh.
Berikut beberapa tips kesehatan yang baik dalam menjaga cara hidup sehat Anda :
1.      1. Segarkan otak Anda
Seiring dengan bertambahnya usia serta akibat kortisol yang menyebabkan hormon stres, maka kemunduran otak pun terjadi karena sejalan dengan proses penuaan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil peneliti dari McGill University. Dengan segala beban pikiran yang dirasakan, sudah saatnya untuk mengistirahatkan sejenak pikiran Anda. Apa yang harus Anda lakukan? Menurut para peneliti dari Washington State University, bahwa dengan menghadirkan tanaman di sekitar rumah maka dapat menurunkan stres.
2.       
3.       
4.      2. Jaga jantung Anda
Orang yang beresiko terkena serangan jantung dan stroke disebabkan karena terhambatnya aliran darah. Penyebab ini juga dikarenakan arteri yang semakin kaku dengan bertambahnya usia. Namun hal ini bisa Anda cegah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C secara rutin setiap hari agar meningkatkan jalannya arteri tetap fleksibel. Hal ini ditemukan berdasarkan hasil para peneliti di Irlandia.
5.      3. Manjakan wajah Anda
Menurut dermatologis dari Center for Dermatology, Cosmetic and Laser di Mount Kisco, NY, David Bank menyatakan, bahwa dengan memanjakan wajah bisa dengan melakukan tidur yang teratur minimal delapan jam per hari. Di saat Anda tidur, tubuh akan memproduksi kolagen dan elatin. Dari dua kandungan protein tersebutlah yang selalu menjaga kulit Anda tetap lembut.
6.      4. Atur pendengaran Anda
Mendengarkan musik tidak ada salahnya karena bisa membuat Anda lebih tenang dan rileks. Namun, jangan biarkan pendengaran Anda menjadi rusak karena volume yang berlebihan terlebih jika Anda yang sering menggunakan earphone.
7.      5. Olahraga di pagi hari
Pagi hari merupakan pilihan yang tepat untuk Anda berolahraga. Selain mendapatkan udara yang sejuk, rutinitas Anda sepanjang hari pun dapat dilakukan hingga malam hari.
8.      6. Berhenti merokok, bebas depresi
Bagi Anda yang bukan perokok akan terhindar dari depresi berlebihan. Namun, bagi Anda yang perokok tentu jauh lebih tinggi memiliki rasa depresi. Tetapi, berita baik dari para peneliti dari University of Helsinki mengatakan bahwa orang yang perokok jika berhenti total, maka resiko depresi akan berkurang. Dan bahkan, di saat jangka waktu tertentu bisa terhindar bebas depresi sama seperti mereka yang tidak merokok.
9.       
10.   
11.  7. Hilangkan stres bersama sahabat atau teman
Kesehatan mental Anda bisa dijaga dengan sering bersosialisasi bersama teman ataupun keluarga. Orang yang memilih untuk menyendiri cenderung akan lebih mudah stres. Oleh karena itu, libatkan diri Anda untuk selalu bisa bersosialisasi dan lebih memudahkan Anda menjadi orang yang percaya diri. Ini tentu akan membantu Anda terhindar dari rasa stres.
12.  8. Konsumsi omega 3
Omega 3 sangatlah penting untuk dikonsumsi, mengingat kandungan dalam omega 3 memiliki efek antidepresan. Konsumsilah minyak ikan sebanyak tiga kali dalam seminggu atau bisa diganti dengan suplemen yang mengandung minyak ikan yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini sangat baik untuk menghindari resiko terkena penyakit jantung dan Alzheimer.
13.  9. Matikan rokok Anda !
Saat Anda berada di tempat umum, biasakan untuk menghargai orang lain yang tidak merokok. Karena bagi mereka perokok pasif dampaknya akan lebih beresiko dibandingkan perokok aktif. Bagi perokok aktif yang sering terpapar asap rokok di lingkungan sekitarnya akan memicu jumlah betanone (NNKK) sejenis zat pemicu kanker dan tiga kali lebih banyak dalam urin perokok aktif dibandingkan perokok pasif. Dan pada kadar NNK perokok aktif akan meningkat 6% setiap jam selama terpapar asap rokok. Oleh karena itu, matikan rokok Anda apabila sedang berada di tempat umum karena bisa merusak kesehatan orang lain terutama perokok pasif.
14.  10. Hewan peliharaan, cegah stres
Beruntunglah Anda yang suka memelihara hewan peliharaan. Menurut hasil penelitian telah membuktikan bahwa, hewan peliharaan dapat menjaga kadar tekanan darah di saat Anda sedang mengalami stres. Hal ini tentu bisa mengurangi resiko pada serangan jantung dan stroke.


Daftar Pustaka:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar