Laman

Powered By Blogger

Selasa, 10 Juli 2012

Time for Nursery Rhymes Hockey Pockey Preschool

percakapan antara guru dengan siswanya


Guru : selamat pagi anak-anak
Siswa : pagi bu guru
Guru : sebelum belajar mari kita berdoa terlebih dahulu, coba siapa yang mau meminpin doa di depan?
Intan : saya, bu.
Guru : iya mbak intan silahkan maju di depan untuk meminpin doa
Doa berlangsung                                                       
Guru : hari ini kita akan belajar tentang nilai-nilai pancasila, dan tujuan dari pembelajaran hari ini adalah :
1.    Siswa dapat mengetahui Nilai-Nilai dalam Pancasila.
2.    Siswa dapat memahami makna Nilai-Nilai dalam Pancasila.
3.    Siswa dapat mengaplikasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam lingkungan keluaraga.
4.    Siswa dapat memberikan contoh nyata dalam kehidupan berdasarkan sila-sila Pancasila.
Guru : ok...sebelumnya minggu lalu  kita kan sudah belajar tentang materi ini. Yaitu tentang perumusan pancasila dan arti dari pancasila.
Apakah anak – anak masih ingat arti dari Pancasila, siapa yang tahu apa itu pancasila?
Fani : saya, bu. Pancasila itu dasar negara
G : iya benar sekali, pancasila adalah dasar negara bangsa Indonesia.  PENJELASAN
Ok ternyata anak – anak pintar sekali ya...baiklah disini ada yang hafal pancasila tidak?
S: saya bu..
G: oh pintar sekali...silakan maju nak
S: MEMBACA
G: terimakasih mbk...waduh hebat bacanya ternyata lancar sekali ya, tepuk tangan anak – anak
Baiklah setelah mengetahui sila – sila tersebut, maka ibu akan menerangkan tentang nilai – nilai yang terkandung dari sila – sila tersebut.
PENJELASAN
G: apakah masih ada yang belum paham ?
S: sudah bu...
G: hemmm...pintar sekali anak – anak ya..
Baiklah, kalau kalian sudah paham berarti ibu yang akan bertanya
Siapa yang dapat memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sila 1 ?
S: saya bu
G: ok silahkan...
S: saya tadi berdo’a sebelum belajar bu....
G: ya berdo’a adalah contoh dari pengamalan sila ke satu...kita berdo’a agar kita tetap dijaga oleh Allah SWT dari godaan setan dan apa yang kita kerjakan hari ini bermanfaat bagi kita dan semua orang
 G: lalu ada yang bisa memberikan contoh perbuatan yang melanggar pancasila ?
S : saya bu
G ok silahkan, kira – kira apa mbk contohnya?
S: ( memmberikan contoh )
Baiklah selanjutnya ibu akan membentuk 5 kelompok terdiri dari 4 orang
Disini ibu akan membagikan beberapa gambar untuk kalian diskusikan.
Tugasnya yaitu mencocokkan gambar dengan nila – nila yang terkandung didalam  5 sila tersebut. Ibu akan memberikan waktu sektr 10 menit untuk mendiskusikan gambar tersebut. Setelah itu salah satu dari anggota kelompok maju kedepan untuk menempelkan gambar – gambar tersebuti kertas karton ini sesuai dengan sila – sila yang terkandunng dari gambar tersebut.
PREMEMORY
G: baiklah anak – anak waktunya sudah habis, silahkn perwakilan dari setiap kelompok untuk maju kedepan untuk menempelkan gambarnya masing – masing.
GURU MENGAMATI GAMBAR
G  : baiklah mari kita bahas bersama – sama jawaban dari setiap kelompok.
GURU BERTANYA SETIAP ALASAN DARI JAWABAN SETIAP KELOMPOK
SISWA MEMBERIKAN ALASAN
G uru memuji

PENUTUPAN
Guru : Jadi kesimpulannya, pancasila adalah dasar negara kita yang tercinta. Penerapan Pancasila pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari teruma dalam lingkungan keluarga kita. Dengan demikian kita sebagai warga negara yang baik harus berbuat dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasil.
Guru memberikan tugas untuk peserta didiknya
Guru : baiklah, kita akhiri dahulu pertemuan hari ini. Wassalammualaikum WR.WB

janji penulis

Saya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak bangsa. Saya ingin dekat dan membimbing mereka dengan GPS, supaya mereka tidak tersesat dalam menemukan jati diri dalam kehidupan mereka masing-masing.
Inilah janji saya sebagai seorang sahabat bagi murid-murid saya kelak.