Jumat, 25 Mei 2012

makalah gelombang bunyi


GELOMBANG BUNYI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah IPA2



 


Disusun oleh :
2011B
1.       Yuli Rahmawati                 (118000016)
2.       Rizka Pratiwi Jaya             (118000110)
3.       Intan Nurul Arifin              (118000090)
4.       Arista Syahril                      (118000102)
5.       Damayanti kambodia        (118000099)
6.       Erwin Prasetyo                   (118000109)

UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2012
KATA  PENGANTAR


Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Makalah ini memuat tentang “ Gelombang Bunyi ” dan berbagai penjelasannya.  Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang bunyi, yang kami sajikan berdasarkan dari berbagai sumber. Ucapan terimakasih kami sampaikan setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini, diantaranya :
1.      Bapak Fanani, S.T. selaku dosen pembimbing
2.      Kedua orangtua yang selalu memberi motivasi baik moril maupun materiil
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca, khususnya kepada penyusun sendiri. Segala saran dan kritik yang membangun masih kami harapkan agar makalah ini tersusun lebih baik.




Surabaya, 9 April 2012


Penulis








Daftar Isi

Kata Pengantar……………………………………………………………………i
Daftar Isi………………………………………………………………………….ii

BAB I. Pendahuluan
1.1  Latar Belakang…………………………...……………...……………...1
1.2   Rumusan Masalah............…………………….........…………………....2
1.3  Tujuan........……………………...……………….………...……………2
1.4  Manfaat.....................................................................................................2

BAB II. Pembahasan
2.1      Sifat Bunyi................................................................................................4
2.2      Spektrum Bunyi: Fundamental dan Harmonik.........................................7
2.3      Catatan Irama............................................................................................9
2.4      Reproduksi Suara dan kebisingan...........................................................13

BAB III. Penutup
3.1   Kesimpulan.............................................................................................15
3.2   Saran.......................................................................................................16

Daftar Pustaka……………………………………………………………………17










BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Gelombang adalah getaran yang merambat, baik melalui medium ataupun tidak melalui medium. Perambatan gelombang ada yang memerlukan medium, seperti gelombang tali melalui tali dan ada pula yang tidak memerlukan medium yang berarti bahwa gelombang tersebut dapat merambat melalui vakum ( hampa udara ) , seperti gelombang listrik magnet dapat merambat dalam vakum. Perambatan gelombang dalam medium tidak diikuti oleh perambatan media, tapi partikel-partikel mediumnya akan bergetar. Perumusan matematika suatu gelombang dapat diturunkan dengan peninjauan penjalaran suatu pulsa. Dilihat dari ketentuan pengulangan bentuk, gelombang dibagi atas gelombang periodik dan gelombang non periodik.
Berdasarkan sumber getarnya, tanpa disertai dengan medium perantaranya, gelombang dapat diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Bunyi merupakan gelombang mekanik yang dalam perambatannya arahnya sejajar dengan arah getarnya (gelombang longitudinal).
Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanis longitudinal”. Hal ini berarti bahwa bunyi memerlukan medium untuk merambat. Medium perambatan bunyi dapat berupa zat padat ataupun fluida(zat alir, meliputi zat cair dan gas). Partikel-partikel bahan yang mentransmisikan sebuah gelombang seperti itu berosilasi di dalam arah penjalaran gelombang itu sendiri.
Ada suatu jangkauan frekuensi yang besar dimana dapat dihasilkan gelombang mekanis longitudinal dan gelombang bunyi adalah dibatasi oleh jangkauan frekuensi yang dapat merangsang telinga dan otak manusia kepada sensasi pendengaran. Jangkauan ini adalah kira- kira 20 siklus/ detik ( atau 20 Hz) sampai kira- kira 20.000 Hz dan dinamakan jangkauan suara yang dapat didengar (audible range).Persepsi manusia terhadap bunyi terkait dengan karakteristik bunyi yang dapat dirasakan. Secara umum ada dua karakteristik bunyi yang mampu dirasakan oleh manusia, yaitu keras–lemahnya bunyi dan tinggi rendahnya bunyi. keras–lemahnya bunyi terkait dengan amplitude dan energy gelombang bunyi tersebut.

1.2     Rumusan Masalah
1.         Apa saja sifat-sifat bunyi?
2.         Apa yang dimaksud dengan spektrum bunyi: fundamental dan harmonik?
3.         Apa yang dimaksud dengan catatan irama?
4.         Apa yang dimaksud dengan reproduksi bunyi dan kebisingan?

1.2     Tujuan Penulisan
Mengetahui pengertian tentang gelombang bunyi, sifat bunyi, dan spektrum bunyi dan penjelasannya.

1.3     Manfaat Penulisan
Menambah pengetahuan tentang ilmu fisika, khususnya mengenai gelombang bunyi yang diharapkan dapat mempermudah proses perkuliahan.









BAB 2
PEMBAHASAN
2.1     Sifat Bunyi
Sebuah nada yang bercabang menghasilkan bunyi yang lemah dan tidak menarik. Hal ini dikarenakan cabang  tersebut bergetar seperti alat penghasil perubahan arus  listrik, menghasilkan gelombang sinus sederhana seperti pada gambar 15-15a. Bunyi di buat oleh manusia dan alat musik yang lebih rumit, seperti  dalam  gambar 15-15b, kedua gelombang tersebut memiliki frekuensi atau puncak yang sama, tetapi bunyinya sangat berbeda. Gelombang yang rumit adalah gelombang yang dihasilkan dengan menggunakan prinsip dari superposisi yang gelombang dari tambahan berbagai frekuensi.
Bentuk dari gelombang tergatung dari amplitude nisbi yang frekuensinya banyak. dalam istilah komidi musik , berbeda antara 2 gelombang yang disebut warna nada, corak nada, atau sifat nada
Sifat-sifat bunyi meliputi :
·       Merambat membutuhkan medium
·       Merupakan gelombang longitudinal
·       Dapat dipantulkan
Karakteristik Bunyi ada beberapa macam antara lain  :
·       Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur.
·       Desah adalah bunyi yang frekuensinya tidak teratur.
·       Warna bunyi adalah bunyi yang frekuensinya sama tetapi terdengar berbeda.
·       Dentum adalah bunyi yang amplitudonya sangat besar dan terdengar mendadak.

Cepat rambat bunyi
Karena bunyi merupakan gelombang  maka bunyi mempunyai cepat rambat yang dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu :
1.    Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi merambat paling cepat pada zat padat.
2.    Suhu medium, semakin panas suhu medium yang dilalui maka semakin cepat bunyi merambat. Hubungan ini dapat dirumuskan kedalam persamaan matematis (v = v0 + 0,6.t) dimana v0 adalah cepat rambat pada suhu nol derajat dan t adalah suhu medium.
Bunyi bedasarkan frekuensinya dibedakan menjadi 3 macam yaitu
·       Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Makhluk yang bisa mendengan bunyii infrasonik adalah jangkrik.
·       Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz. atau bunyi yang dapat didengar manusia.
·       Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya lebihdari 20 kHz. makhluk yang dapat mendengar ultrasonik adalah lumba-lumba.
Persamaan yang digunakan dalam bab bunyi sama dengan pada bab gelombang yaitu v = s/t
BUNYI PANTUL
Bunyi pantul dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1.    Bunyi pantul memperkuat bunyi asli yaitu bunyi pantul yang dapat memperkuat bunyi asli. Biasanya terjadi pada keadaan antara sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya tidak begitu jauh (kurang dari 10 meter)
2.    Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak antara 10 sampai 20 meter.
3.    Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak lebih dari 20 meter
Perbedaan antara Nada dengan Desah, Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi teratur sedangkan Desah adalah bunyi yang mempunyai frekuensi tidak teratur.
Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah
1.    dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik
2.    mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik
3.    mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain.
4.    diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi audiosonik.
Persamaan yang digunakan dalam bunyi sama dengan dalam gelombang yaitu v = s/t. Untuk bunyi pantul digunakan persamaan v = 2.s/t
Kualitas suara adalah kualitas output audio dari berbagai perangkat elektronik. Kualitas suara dapat didefinisikan sebagai tingkat akurasi yang dengan catatan perangkat atau memancarkan gelombang suara asli. Kualitas suara juga merupakan kenikmatan fisik atau kelelahan yang dialami oleh pendengar. Dalam pengaturan hidup keterampilan para musisi, kualitas nada dari instrumen mereka, dan ciri-ciri fisik dari tempat tersebut menentukan kualitas suara.
Dalam pengaturan pemutaran, kualitas suara yang ditandai dengan ciri-ciri yang sama seperti dalam lingkungan hidup tapi juga dipengaruhi oleh teknik rekaman dan peralatan yang digunakan, dari mikrofon pada sesi itu, melalui menekan di pabrik disc catatan atau kompak, dengan kualitas elektronik dan speaker digunakan untuk menciptakan suara di rumah pendengar.
Kualitas suara dari kebisingan dari suatu produk adalah yang terus meningkat penting ketika menilai kualitas total produk. Untuk produk mulai dari mobil sampai alat-alat tangan, tidak hanya tingkat tetapi juga kualitas dari kebisingan itu membuat adalah bagian dari apa yang menarik atau mengusir pelanggan; suara yang tepat dapat menyebabkan penjualan meningkat.
Banyak faktor yang ikut bermain dalam proses evaluasi kualitas suara. Tradisional tujuan pengukuran dan analisis metode, seperti A-tertimbang tekanan suara dan analisis FFT, tidak cukup untuk menganalisis suara produk. Pelanggan harapan dan pengujian juri juga faktor penting untuk menentukan kualitas suara yang diterima karena, pada akhirnya, hanya telinga manusia dapat memberitahu desainer apakah produk tersebut memiliki suara yang tepat.
2.2     Spektrum Suara : Fundamental dan Nada Tinggi
Gelombang nada yang rumit dalam gambar 15-15b di hasilkan oleh clarinet.mengapa alat seperti  klarinet mengkasilkan gelombang nada? Lajur udara di dalam klarinet berbentuk seperti pipa tertutup.lihat kembali pada gambar 15-11 ,yang menunjukan  3 frekuensi gema selama pipanya tertutup,jika klarinet panjangnya L, lalu frekuensi terendahnya f1 ,hal ini akan menghasilkan gema V/4L. frekuensi terendah ini disebut nada pokok.tetapi pipa tertutup juga akan bergema dengan 3f ,5f ,& sedang berlansung. Frekuensi yang lebih tinggi itu yang mana perkalian nomor gasal dari frekensi pokok yang disebut dengan harmoni atau nada tinggi,penambahan frekuensi dari nada tinggi yang perlihatkan oleh sebuah clarinet itu warna nada khusus.
Beberapa alat music, seperti suling, memainkan sambil membuka resonator suling. Frekuensi nada pokoknya sekitar   dengan nada tinggi pada frekuensi 1 , 3f1 , 4f1, . . . . kombinasi yang berbeda dan luas/lebar dari nada tinggi memperlihatkan setiap alat music itu memiliki warna nada unik, sebuah grafik amplitude dari lawan gelombangnya frekuensi disebut spectrum tinggi. The Spectra dari ketiga alat music ditunjukkan pada gambar 15-16. Setiap spectrum berbeda warna nada di alat music.
Suara sebagian besar dibuat dari campuran yang rumit dari getaran. (Ada pengenalan suara dan getaran dalam dokumen "Bagaimana kerja alat musik kayu".) Jika anda membaca juga di Internet, Anda mungkin bisa mendengar suara dari kipas di komputer Anda, mungkin suara dari luar angin, deru lalu lintas - atau mungkin Anda memiliki beberapa musik diputar di latar belakang, dalam hal ini ada campuran nada tinggi dan catatan rendah, dan beberapa suara (seperti ketukan drum dan simbal crash) yang tidak memiliki lapangan jelas.
Sebuah spektrum suara merupakan representasi dari suara - biasanya contoh singkat dari suara - dalam hal jumlah getaran pada setiap frekuensi individu. Hal ini biasanya disajikan sebagai grafik baik kekuasaan atau tekanan sebagai fungsi dari frekuensi. Kekuatan atau tekanan biasanya diukur dalam desibel dan frekuensi diukur dalam getaran per detik (atau Hertz, Hz singkatan) atau ribuan getaran per detik (kilohertz, kHz singkatan). Anda dapat menganggap spektrum suara sebagai resep suara: mengambil jumlah frekuensi tersebut, menambahkan bahwa jumlah frekuensi dll sampai Anda telah mengumpulkan suara, utuh rumit.

Hari ini, spektrum bunyi biasanya diukur dengan menggunakan :
·           mikrofon yang mengukur tekanan suara selama suatu interval waktu tertentu,
·           sebuah konverter analog-digital yang mengubah ini untuk serangkaian nomor (mewakili tegangan mikrofon) sebagai fungsi dari waktu, dan
·           komputer yang melakukan perhitungan atas angka-angka.

Komputer Anda mungkin memiliki perangkat keras untuk melakukan ini sudah (kartu suara). Banyak paket software untuk analisis suara atau mengedit suara memiliki perangkat lunak yang dapat mengambil contoh singkat dari rekaman suara, melakukan perhitungan untuk mendapatkan spektrum (digital Fourier Transform atau DFT) dan menampilkannya dalam 'real time' (yaitu setelah penundaan singkat). Jika cara memiliki ini, Anda dapat belajar banyak tentang spektrum dengan menyanyikan catatan berkelanjutan (atau bermain catatan pada alat musik) ke dalam mikrofon dan melihat spektrum mereka.
Jika Anda mengubah kenyaringan, ukuran (atau amplitudo) dari komponen spektral akan lebih besar. Jika Anda mengubah lapangan, frekuensi semua komponen meningkat. Jika Anda mengubah suara tanpa mengubah kenyaringan atau pitch maka Anda, menurut definisi, mengubah timbre nya. (Timbre memiliki definisi yang negatif - itu adalah jumlah dari semua kualitas yang berbeda dalam dua suara yang berbeda yang memiliki pitch yang sama dan kenyaringan yang sama.) Salah satu hal yang menentukan timbre adalah ukuran relatif dari komponen spektral yang berbeda . Jika Anda menyanyikan "ah" dan "ee" di lapangan yang sama dan kenyaringan, Anda akan melihat bahwa ada perbedaan besar antara spektra.

2.3     Catatan Irama
Anda pernah tahu bahwa persesuaian ditetapkan dalam perbandigan frekuensi, ketika perbandingan 1:1 frekuensi menjadi sangat pendek. Dua frekuensi yang hampir sama bercampur hingga menghasilkan tingkat bunyi yang tinggi & rendah, seperti dulu dalam bentuk gambar 15-18. Goyangan gelombang amplitude disebut irama. Kekerapan dari irama dari perbedaan jaraknya antara dua gelombang bunyi frekuensi,  beat = FA - FB ketika perbedaan lebih dari 7Hz telngan medeteksi getaran ini sebagai getaran sura yang keras. Alat music yang sering di setem lawan satu bunyi yang lain dan membentulkan satu frekuensi sampai irama menghilang.
Pada minggu terakhir, kami mulai melihat adegan-adegan dari balai kota di seluruh negeri sangat mirip dengan kota-balai pertemuan marah terinspirasi oleh RUU reformasi kesehatan pada bulan Agustus 2009. Kali ini, anggota Kongres dari Partai Republik adalah target. Pada satu kota-balai pertemuan demi satu, mereka mendapatkan pertanyaan menunjuk dan kadang-kadang marah dukungan mereka terhadap rencana Anggaran DPR Ketua Komite Paulus Ryan, yang akan memangkas pengeluaran pemerintah dan yang 235 dari 241 Republikan DPR disetujui dalam pemungutan suara simbolik (anggaran tidak akan pernah melewati Senat).
Lawan meminta anggota kongres dan wanita mengapa mereka mendukung rencana untuk mengubah Medicare ke dalam program voucher yang tidak memadai, memangkas berbagai pengeluaran yang menguntungkan miskin dan kelas menengah, dan pada saat yang sama memberikan kaya mandi pemotongan pajak (Anda dapat melihat menyoroti beberapa video disini).
Hal ini menimbulkan pertanyaan bukan hanya tentang perwakilan tetapi juga tentang pers. Setiap hari, wartawan dan editor membuat serangkaian keputusan tentang cerita yang mereka hasilkan. Siapa yang harus mendapatkan dikutip? Yang perlu menyelidiki klaim faktual? Yang cerita harus pergi di halaman depan atau di bagian atas siaran? Keputusan paling dasar, meskipun, adalah yang pertama: Apakah ini - acara ini, pernyataan ini, tren baru jadi, konflik ini - layak diberitakan? Apakah itu sesuatu yang menuntut perhatian kita dan pendengar kita perlu tahu tentang? Atau dapat kita mengabaikan itu dan melemparkan pandangan kita di tempat lain? Pada awalnya, setidaknya, jawabannya tekan 'dengan pertanyaan tentang balai kota terakhir sebagian besar untuk mengabaikannya.
Kontras bahwa dengan berapa banyak tahun 2009 balai kota dipenuhi gelombang udara selama musim panas lambat-berita. Untuk wartawan nasional, tinggal dan bekerja di gelembung tertentu yang Washington, selalu berbahaya untuk mencoba untuk mendapatkan pegangan pada opini publik. Semua cara untuk menilai hanya apa yang merupakan "masyarakat", dan bagaimana kita dapat memahami apa yang percaya, terasa, dimotivasi oleh, dan kemungkinan untuk dilakukan, tidak sempurna.
Jadi sejumlah kecil warga marah berhasil meyakinkan media bahwa apa yang mereka katakan, apakah itu dalam sebuah protes atau petisi atau serangkaian konfrontasi dengan para politisi, merupakan representasi berarti dan konsekuensi dari apa yang rakyat Amerika secara keseluruhan adalah perasaan tentang Undang-Undang Perawatan Terjangkau. Sepertinya pencurahan dramatis kemarahan akar rumput. Anggota Demokrat Kongres yang berteriak, berteriak, menjerit, dan berteriak di oleh konstituen ngeri bahwa sosialisme (dalam bentuk RUU reformasi kesehatan di mana warga akan terus menerima perawatan dari dokter swasta di rumah sakit swasta dibayar oleh perusahaan asuransi swasta) telah tiba di Amerika. Dan itu dimainkan lagi dan lagi di berita malam, visi masyarakat bangkit melawan Demokrat dan terhadap pemerintah besar.
Segera menjadi jelas bahwa kota-balai ledakan tidak begitu akar rumput setelah semua, tetapi didorong, terorganisir, dan dikoordinasikan oleh angka nasional dan organisasi konservatif lokal, terutama FreedomWorks, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Rumah Pemimpin Mayoritas mantan Dick Armey murah hati dan didanai oleh orang-orang seperti sekarang terkenal bersaudara Koch. Peran kunci dari elit konservatif dan kepentingan bisnis dalam pemberontakan balai kota mungkin mempertanyakan sejauh mana itu bisa dipahami sebagai ekspresi dari "opini publik," meski sudah pasti diperlakukan seperti itu.
Jadi sekarang wartawan bertanya lagi: Apakah ini kota pertemuan berita? Mereka bertanya lagi apakah ledakan adalah nyata, apakah mereka pencurahan sentimen asli, atau malah diproduksi. Partai Republik berpendapat keras bahwa semuanya sedang diatur, dan karena itu wartawan harus mengabaikannya. Mereka setengah benar - ada beberapa organisasi di tempat kerja, namun tidak kurang dari ada pada tahun 2009.
Tapi sesuatu dapat diatur dan asli pada saat yang sama. Setelah semua, orang yang muncul di balai kota tidak aktor. Mereka benar-benar marah, bahkan jika mereka telah menyerahkan beberapa poin berbicara. Balai kota selalu pertunjukan, kesempatan bagi politisi untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap orang biasa dan pertimbangan nya untuk pendapat mereka, namun kurang informasi atau tidak masuk akal mereka mungkin. Dia akan mendengarkan dengan penuh perhatian, tersenyum hangat, menempatkan tangannya di bahu atau dua untuk menunjukkan keakraban dan kasih sayang.
Tapi sekarang, balai kota telah menjadi kesempatan bagi warga untuk melakukan. Mereka adalah orang-orang yang suaranya menarik kamera - tetapi hanya jika mereka mengangkat suara-suara ke nada kemarahan.
Demokrat mungkin berpendapat bahwa balai kota saat ini menunjukkan opini publik yang benar, yang telah laten, diaktifkan oleh kondisi politik. Itu karena ketika datang ke jenis opini kita dapat mengukur, rencana Ryan menghasilkan inversi dari apa yang kita lihat dua tahun lalu (dan masih melihat) dengan Undang-Undang Perawatan Terjangkau. Sepanjang perdebatan kesehatan, jajak pendapat menunjukkan secara konsisten bahwa masyarakat terpecah ketika diminta untuk memberikan mereka acungan jempol atau-down untuk sesuatu yang diidentifikasi hanya sebagai "reformasi layanan kesehatan" atau "kesehatan rencana Presiden Obama." Namun, ketika jajak pendapat menggambarkan isi sebenarnya dari reformasi itu, hampir setiap ketentuan (dengan pengecualian mandat individu) menerima dukungan luar biasa.
Sebaliknya yang terjadi sekarang dengan anggaran Ryan: Ketika ditanya apakah mereka lebih suka "rencana Partai Republik yang diajukan oleh anggota Kongres Ryan Paulus atau rencana Demokrat diajukan oleh Presiden Barack Obama," responden sama-sama dibagi. Tapi ketika pengumpul suara menjelaskan apa anggaran Ryan sebenarnya, mayoritas menentangnya, terutama para senior di Partai Republik yang tergantung.
Jadi yang merupakan cerminan sejati opini publik: apa yang dipikirkan orang tentang apa yang sedikit yang mereka ketahui, atau apa yang orang pikirkan ketika Anda memberi mereka sedikit informasi? Jawabannya adalah bahwa keduanya, seperti juga hal-hal orang bersedia untuk berdiri dan berteriak.
Setelah beberapa hari mengabaikan anti-Republik baru balai kota konflik, jurnalis memperhatikan. Demokrat dapat mengatur untuk mengubah narasi sekitar anggaran Republik dari "Partai Republik memiliki rencana yang berani dan berani untuk membawa kami keluar dari utang" menjadi "Partai Republik ingin membongkar Medicare sehingga mereka dapat memberikan pemotongan pajak lebih untuk orang kaya." Dalam proses ini, orang Amerika menonton berita benar-benar dapat belajar sedikit tentang apa anggaran Republik tidak. Yang tidak dapat menjadi hal yang buruk.

2.4     Reproduksi Suara dan Kebisingan
Sering kali suara yang telah dicatat dan dimainkan itu melalui sistem elektronik. Untuk mereproduksi suara ini dapat di percaya, sistem harus mengakomodasi semua frekuensi sama. Sebuah sistem stereo yang bagus menyimpan amplitudo dari seluruh frekuensi antara 20 dan 20,000 Hz sama untuk dalam waktu 3 dB.
Sebuah sistem telepon, di sisi lain, kebutuhan hanya untuk mengirimkan informasi dalam bahasa lisan. Frekuensi antara 300 dan 3000 Hz yang cukup. Mengurangi jumlah frekuensi ini membantu mengurangi kebisingan. Gelombang suara ditunjukkan pada Gambar 15-19. Banyak frekuensi yang hadir dengan sekitar amplitudo yang sama. Sementara suara tidak membantu dalam sistem telepon, orang mengklaim bahwa mendengarkan suara memiliki efek menenangkan, dan beberapa kebisingan penggunaan dokter gigi untuk membantu pasien mereka bersantai.
Hal ini dimungkinkan untuk mereproduksi rekaman stereo di sebuah ruang tamu biasa sehingga pendengar memiliki ilusi bahwa dua pengeras suara telah menghilang. Ketika mereka menutup mata mereka, mereka dengan mudah dapat membayangkan untuk hadir di ruang rekaman, karena mereka mendengarkan adegan suara hantu di depan mereka
Sebagian besar dari pengeras suara yang telah dijual - speaker kotak khas - hanya dapat menghasilkan efek ini untuk tingkat yang terbatas karena keterbatasan mendasar: mereka memancarkan suara ke dalam ruangan dengan intensitas yang berbeda pada frekuensi yang berbeda dan sudut, meskipun mereka mengukur rata di sumbu. Akibatnya banyak refleksi dari permukaan ruangan yang sonically diwarnai dengan cara yang karakteristik untuk pengeras suara kotak. Kami selalu mengenali suara berasal dari kotak daripada menjadi hidup. Ini adalah suara loudspeaker generik.

Ini telah menjadi perjalanan yang mempesona bagi saya
untuk datang ke pemahaman ini. Pengeras suara dengan frekuensi directionality independen, konstan seperti omni, pengeras suara dipol atau cardioid, menyebabkan refleksi di kamar yang dasarnya tertunda replika dari suara langsung dan yang karena itu kurang berwarna. Telinga / otak aparat persepsi Anda tidak bingung dengan replika suara. Sebaliknya ia membandingkan mereka dengan perilaku akustik akrab kamar Anda dan mudah selimut informasi yang berlebihan dan dengan demikian ruangan. Respon otomatis otak berkaitan dengan Efek Precedence di psychoacoustics dan sangat penting untuk menciptakan ilusi "menjadi ada" dengan menarik perhatian dari akustik ruang tamu.
Ini telah menjadi perjalanan yang mempesona bagi saya untuk datang ke pemahaman ini. Awalnya, pengeras suara panel elektrostatik telah menggelitik saya, karena mereka sepertinya melakukan sesuatu yang secara fundamental benar ketika benar mengatur, dan ini jelas meskipun keterbatasan mereka. Aku bisa melihat di belakang bahwa desainer loudspeaker beberapa telah menunjuk manfaat omni-directional pengeras suara. The + ORION telah menunjukkan kepada saya apa lebih mungkin dalam 2-saluran reproduksi suara, dengan ketentuan bahwa rekaman berisi isyarat spasial alami dan tidak hanya merupakan campuran suara buatan.
Reproduksi suara yang akurat dalam mencapai untuk Anda juga. Mengejutkan diri sendiri dengan believability ilusi ketika dua pengeras suara dengan benar merangsang kamar Anda, telinga dan otak. Anda menemukan diri Anda hilang dalam musik dan ruang.








BAB 3
PENUTUP

3.1.    Kesimpulan
1.        Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik longitudinal. Gelombang bunyi dikelompokkan menjadi 3, yaitu gelombang infrasonik, gelombang audio dan gelombang ultrasonik.
2.        Karakteristik bunyi dicirikan oleh keras dan tingginya bunyi. Keras lemahnya bunyi tergantung pada besar kecilnya amplitude gelombang bunyi itu. Gelombang bunyi dapat dipantulkan (mengalami refleksi), dibiaskan, dilenturkan dan diserap.
3.        Sifat-sifat bunyi meliputi : merambat membutuhkan medium, merupakan gelombang longitudinal, dapat dipantulkan.

3.2.       Saran
1.        Untuk pembaca dapat menambah dapat menambah wawasan dan bisa memberikan kritik membangun bagi penulis.
2.        Untuk lembaga pendidikan diharap agar bisa menerapkan dalam pembelajaran.
3.        Untuk lembaga penelitian diharapkan bisa menghasilkan penemuan yang lebih baik











Daftar Pustaka

Cruel and Kjaer. Sound quality. http://www.bksv.com/Applications/SoundQuality.aspx. Diakses pada tanggal 29 maret 2012.
The university new south wales. Music acoustic. http://www.phys.unsw.edu.au/jw/sound.spectrum.html. Diakses pada tanggal 29 maret 2012.

Paul Waldman. Beat Notes From the Town Hall. http://prospect.org/article/beat-notes-town-hall.Diakses pada tanggal 29 maret 2012.

Linkwitz Lab. The best sound reproduction. http://www.linkwitzlab.com/reproduction.htm. Diakses pada tanggal 4 april 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar