Laman

Powered By Blogger

Jumat, 01 Juni 2012

KEMEGAHAN PESTA TAHUN BARU


KEMEGAHAN PESTA TAHUN BARU DI INDONESIA
Oeh :
Dhita Ayu Wulandari


Makna perayaan tahun baru
Pergantian tahun adalah sesuatu kejadian rutin yang akan dijumpai manusia selama waktu masih berjalan seperti biasa. Kita sebagai umat muslim sebenarnya mempunyai tahun baru sendiri yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam. Namun karena kuatnya pengaruh budaya dan lingkungan sekitar maka tidak sedikit umat Islam yang larut dalam perayaan tahun baru pada 1 Januari seperti yang akan dijumpai di tahun 2012 ini.Sebagai seorang muslim tentu kita harus saling mengingatkan, sikap bagaimana sebaiknya kita menyambut datangnya tahun baru, baik tahun baru pada 1 Muharam maupun pada 1 Januari.
Tahun 2011 telah berlalu. Tahun baru 2012 telah datang. Apa makna tahun baru? Kenapa banyak orang bahkan sebagian besar bergembira, bersuka ria dengan datangnya tahun baru? Apa yang membuat mereka begitu bahagianya dengan tibanya pergantian tahun? Tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh negara di dunia, semua merayakannya. Padahal pergantian tahun berarti semakin tuanya umur manusia dan semakin tuanya umur bumi dan alam semesta ini. Kalau manusia, bumi dan alam semesta telah tua kan berarti semakin dekatnya dengan yang namanaya kehancuran dengan datangnya kiamat.
Dalam hitungan hari kita akan segera meninggalkan tahun 2011. Bagi sebagian orang, pergantian tahun merupakan saat yang dinanti-nanti, namun bagi sebagian lagi masih diliputi tanda tanya bagaimana kondisi tahun depan. Setiap pergantian tahun selalu diikuti dengan hal-hal yang baru. Luangkan waktu untuk melihat kembali apa yang sudah kita raih dalam satu tahun ini. Kemajuan apa saja yang sudah kita peroleh selama satu tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu . Apakah semua target yang kita tetapkan di awal tahun berhasil kita capai di tahun ini . Itu uang akan menjadi pertanyaan bagi semuwa orang.
Hidupkan impian baru
Siap atau tidak siap tahun baru 2012 sudah berada di ujung mata. Memasuki tahun baru, sebaiknya segera menetapkan impian baru. Apakah itu menghidupkan kembali impian lama yang belum terwujud atau benar-benar menetapkan impian baru yang hendak diraih di tahun 2012. Ingatlah bahwa sebuah kesuksesan dimulai dari sebuah impian yang memenuhi hati dan pikiran kita. Mulailah menetapkan impian Anda. Apakah itu impian sederhana seperti ingin mengganti laptop yang lebih baru misalnya, merenovasi rumah, mengganti mobil lebih baru, sampai impian lebih tinggi, mengikuti pendidikan lebih tinggi, menerbitkan buku baru atau membangun usaha baru misalnya,
Apapun itu, yang pasti menghidupkan impian akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Karena memiliki impian akan memberi motivasi bagi kita untuk bertindak mewujudkannya. Memiliki impian dapat menjadi arah bagi kita untuk melangkah kedepan. Bahkan menghidupkan impian seperti membangkitkan energi dari dalam diri, dapat menjadi pendorong bagi kita untuk memperkuat diri dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan.
Memiliki impian dapat memberi kita dorongan untuk hidup lebih terencana, hidup lebih efisien guna merealisasikan mimpi kita. Mimpi dapat menjadi pendorong seseorang untuk melakukan tindakan yang terarah demi merealisasikan impian.
Dengan impian akan menghidupkan harapan. Dengan harapan akan melahirkan tindakan. Dengan tindakan akan ada langkah kemajuan. Jadi, jika Anda belum punya impian baru di tahun yang baru, segeralah ambil alat tulis, dan mulailah menuliskan daftar impian yang ingin diraih. Kemudian tetapkan satu atau beberapa yang benar-benar ingin anda prioritaskan untuk dicapai.

Rencana dan tindakan
Memiliki impian saja tentu tidak cukup. Impian belum menjamin terealisasinya tujuan. Karena impian barulah langkah pertama yang akan memudahkan langkah-langkah berikutnya. Dengan impian, langkah-langkah berikutnya akan lebih terarah dengan baik.
Setelah memiliki impian, langkah berikutnya yang sangat penting adalah memvisualisasikan impian tersebut menjadi sebuah tujuan yang jelas dan rinci. Kemudian mulailah menyusun rencana dan strategi untuk melakukan tindakan-tindakan dalam merealisasikan impian tersebut. Dengan demikian memiliki kejelasan impian sangatlah penting dalam membantu memudahkan menyusun rencana rinci dan tindakan yang diperlukan.
Ingatlah bahwa impian tanpa rencana dan tindakan hanyalah sekedar impian. Ketika sudah menetapkan impian, menyusun rencana, berusahalah dalam tindakan selalu fokus pada impian dan rencana kita. Dengan fokus akan menjadi lebih bersemangat, lebih terarah dan melahirkan kreativitas untuk mencari berbagai cara baru dalam merealisasikannya.
Kalau hal itu dilakukan secara konsisten dan terarah, kita akan menikmati hasilnya di tahun mendatang. Arahkan hati dan pikiran kita tentang indahnya meraih kesuksesan dalam merealisasikan impian kita. Bayangkan pada saat akhir tahun nanti, ketika anda melihat kembali daftar mimpi anda dan banyak mimpi Anda yang berhasil Anda realisasikan. Sangat menyenangkan bukan ?
Untuk itu tulislah daftar impian Anda. Tentu akan sangat menyenangkan kalau kita menuliskannya dan kemudian melihatnya kembali prestasi yang sudah kita raih selama perjalanan sepanjang tahun.



Berbagai macam tahun baru
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, tahun baru berarti hari permulaan tahun. Permulaan tahun ini pun memiliki versi yang berbeda-beda sesuai budaya, agama berbagai bangsa di dunia ini, namun intinya tetap sama yaitu hari permulaan suatu tahun. Berikut ini adalah berbagai macam tahun baru di dunia ini :
1.      Tahun Baru Masehi
Tahun baru inilah yang paling banyak dipakai oleh penduduk bumi. Pada jaman Romawi Kuno, tahun baru masehi ditetapkan pada 1 Maret tapi kemudian diubah ke 1 Januari. Beberapa bangsa di Eropa awalnya menetapkan 25 Maret sebagai tahun baru namun berubah menjadi 1 Januari setelah mereka resmi memakai kalender Gregorian.
2.      Tahun Baru Hijriyah
Dinamakan tahun baru Hijriyah karena tahun pertama penanggalan ini adalah ketika Rasulullah Muhammad SAW Hijrah ke Yastrib (sekarang Madinah). Tahun baru Hijriyah baru didiskusikan setelah Rasulullah SAW wafat. Lalu pada 638 M, khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal tahun hijriyah adalah tahun saat Rasulullah hijrah ke Madinah bertepatan dengan Jumat, 16 Juli 622 (saya cek di 
3.      Tahun Baru Imlek
Tahun baru Imlek ditetapkan berdasarkan peredaran bulan yang dikombinasikan dengan peredaran matahari dan pergantian musim dari musim dingin ke musim semi. Tahun pertama Imlek diambil dari tahun kelahiran Khong Hu Cu atau Kong Fu Tse pada 551 SM. Di tahun baru ini, ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di antaranya, membakar petasan, saling berkunjung dan berbagi angpao.
4.      Tahun Baru Singh
Penganut Singh merayakan tahun baru berdasarkan Kalender Nanakshahi setiap 14 Maret. Kalender Nanakshasi adalah kalender solar yang diadopsi oleh Shiromani Gurdwara Prabhandak Committee dan didesain oleh Pal Singh Purewal untuk menggantikan kalender Hindu.
5.      Tahun Baru Rose Hasanah
Tahun baru bagu umat Yahudi, jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender masehi.
6.      Tahun Baru Jepang
Tahun baru (正月 shōgatsu)  Jepang jatuh pada tanggal 1 Januari sejak pemerintah Jepang menggunakan kalender Masehi pada tahun 1873. Tahun baru di Jepang dirayakan selama 3 hari dari tanggal 1 sampai tanggal 3 Januari. Malam tahun baru disebut ōmisoka (大晦日) dan pada tengah malam lonceng kuil dibunyikan 108 kali sebagai perlambang nafsu jahat yang harus dihindari.

Kegiatan-kegiatan dalam memeriahkan tahun baru
Berbicara tentang tahun baru, yang muncul di benak banyak orang adalah kembang api, petasan, terompet, pesta, begadang sampai pagi dan lain sebagainya. Namun sedikit sekali dari kita yang paham bahwa hal di atas tidaklah dibenarkan dalam Islam. Inilah kekeliuran yang fatal. Lantas pantaskah kita sebagai umat Islam ikut memperingati bahkan merayakan sesuatu yang bukan bagian dari Islam.

Firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 36:
"Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung jawabannya."
Jelas sekali dari ayat di atas Allah melarang kita mengikuti sesuatu yang tidak kita ketahui terlebih mengikuti hal yang jelas banyak mudharatnya dibanding manfaatnya. Sbagai contoh bunyi petasan hanya dapat menanggu ketenangan orang lain, itu artinya jika kita ikut memeriahkan tahun baru dengan petasan maka kita termasuk orang yang zholim karena telah membuat orang lain terganggu.

Pawai bersepeda motor dalam rangka memeriahkan tahun baru
Berbagai kegiatan yang kita dengar pada perayaan pesta tahun baru , tidak asing kita dengar ditelinga kita kegiatan-kegiatan pawai  bersepeda motor. Kegiatan-kegiatan pawai bersepeda motor sangat meresahkan pihak kepolisian karena lalu lalang kendaraan di kota yang lewat di jalan-jalan raya. Namun ,kegiatan pawai sepeda motor terus saja berlangsung setiap tahun saat perayaan tahun baru.
Bagi para pelajar, muda-mudi dan anak-anak muda lainnya bahwa perayaan tahun baru itu kurang meriah bila tidak ada acara pawai-pawai bersepeda motor. Dan banyak sekali berita-berita buruk yang terjadi akibat pelaksanaan acara tersebut. Sebagai contoh banyak sekali kecelakaan yang terjadi pada saat pawai ,banyak tawuran antar kampong dan akibat-akibat buruk lainnya.


Pesta kembang api dalam malam tahun baru
Kalau kita mendengar kata perayaan tahun baru pasti tidak asing juga ditelinga kita saat mendengar PESTA KEMBANG API. Perayaan tahun baru selalu berhubungan dengan pesta kembang api. Bahkan bias dibilang kalau perayaan tahun baru tanpa adanya perta kembang api tidak akan meriah.
Sebagai contoh pesta kembang api yang dirayakaan setiap tahun di Monas /Jakarta . Wakil Walikota Jakarta Pusat, Fatahillah, mengatakan bahwa setelah sekian lama Monas menjadi salah satu titik keramaian saat malam pergantian tahun. Pengunjung di Monas tiap malam pergantian tahun baru sangat banyak , bahkan ribuan pengunjung yang tidak sabar lagi ingin melihat acara puncak pergantian malam tahun baru yakni pesta kembang api yang dilaksanakan pada jam 00.00 .

Manfaat perayaan tahun baru
Berlanjut ke permasalahan pesta dan berpergian untuk merayakan tahun baru. Tentu untuk membuat sebuah pesta dibutuhkan biaya yang besar, mengapa kita mau menguras kocek hanya demi sebuah pesta untuk menyambut atau bahkan merayakan tahun baru, yang lagi-lagi pada hakikatnya itu bukan tahun baru Islam. Padahal di sekeliling kita baik saudara maupun tetangga masih banyak orang hidup di bawah garis kemiskinan? Apakah tidak sebaiknya uang yang dihambur-hamburkan untuk pesta kita kumpulkan untuk menyantuni orang miskin?

"Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan hartamu secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya." (Q.S Al-Isra’ : 26-27)

Semakin jelaslah bahwa merayakan tahun baru hampir tidak memberikan manfaat sedikitpun. Lalu bagimana langkah merayakan tahun baru yang Islami? Alangkah baiknya jika momen tahun baru itu kita jadikan momen untuk mengintropeksi diri, mengingat kembali atas semua yang sudah kita perbuat selama setahun lamanya. 

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Sesungguhnya Allah Maha teliti terhadap yang kamu kerjakan.’ (QS. 59:18)

Dampak positif dan negatif dalam memeriahkan tahun baru
Perayaan pergantian tahu baru saja berlalu dengan segala keramaian layaknya pesta, berbagai panggung hiburan ditempat wisata, cafe, hotel dan di jalan-jalan. Hiruk pikuk dengan berbagai   bunyi-bunyian mulai dari teropet, knalpot, sampai ledakan kembang api dan mercon. Banyak diantara kalangan yang tidak setuju dengan model pesta perayaan pergantian tahun karena terdapat beberapa dampak positif dan negatif perayaan tahun baru.


Namun seperti peribahasa “anjing menggonggong kafilah pun berlalu” banyak yang tidak setuju tapi banyak pula yang setuju. Kalau dihitung-hitung atau dibanding banding sepertinya lebih banyak yang setuju dengan perayaan model pergantian tahun yang hingar bingar dengan pesta kembang api. Ini bukan berarti yang setuju dengan perayaan tersebut lebih benar, tergantung dari kaca mata mana memandang hal tersebut. Kalau dari segi manfaat secara bisnis untuk perputaran uang memang  perayaan  tahu baru bermanfaat seperti halnya hari raya roda ekonomi akan cepat berputar. Tapi dari dampak positif dan \negatif perayaan tahun baru efek yang timbul kadang-kadang banyak merugikan dari segi pemborosan serta  pengotoran lingkungan  dengan polusi yang ditimbulkan. 
Berikut adalah Dampak positif perayaan tahun baru yang berhasil dihimpun dari hasil pengamatan adalah :
1. Bisa berkumpul bersama keluarga, saudara, sahabat, teman-teman & komunitas sambil bakar ikan, ayam, kambing, sapi, reuni bersama dan kegiatan lainnya.
2. Bisa melihat berbagai macam kembang api yang menghiasi langit di malam hari yang indah.
3. Rezeki bagi sie kebersihan. Karena banyak sambah yang ditimbulkan saat tahun baru berlangsung yang dapat menghasilkan keuntungan bagi mereka yang membersihkan.
Berikut adalah 10 dampak negatif perayaan tahun baru yang berhasil di himpun berdasarkan hasil pengamatan adalah :
  1. Pemborosan, dengan pesta yang meriah tentunya banyak biaya yang dikeluarkan misalnya panggung, mercon, kembang api, membayar tiket di tempat-tempat seperti tempat wisata, kafe dan lain-lain.
  2. Ketertiban, konsentrasi masa di tempat-tempat tertentu sehingga diperlukan pengamanan ekstra ketat ini menjadi pekerjaan tambahan bagi aparat keamanan atau polisi.
  3. Polusi, atau pencemaran lingkungan terjadi pada udara dengan pembakaran kembang api, termasuk dari knalpot kendaraan bermotor yang menghasilkan karbon dioksida sisa pembakaran bisa menyumbang pemanasan global di tengah-tengah slogan “go green” dan “stop global warming”. Pencemaran lingkungan yang lain adalah sisa dari perayaan pergantian tahun selalu meninggalkan sampah berserakan yang jumlahnya tidak sedikit.
  4. Pergaulan bebas remaja, banyak orang tua yang terlalu membebaskan anaknya dalam pergaulan antar jenis dan sangat mengkhawatirkan.
  5. Korban kecelakaan,  hampir tiap tahun dalam peserta perayaan pergantian tahun, sering terjadi kecelakaan, akibat mercon, kembang api atau lalu lintas yang selalu memakan korban jiwa.
  6. Mengurangi produktivitas atau etos kerja akibat begadang semalaman serta terganggunya kesehatan fisik sehingga begadang semalaman tidak cukup diganti tiga malam.
  7. Bagi Umat Islam Karena begadang semalaman sering kali solat subuh terlambat atau terlewat ini termasuk dosa besar meninggalkan atau melewatkan solat dengan sengaja.
  8. Perayaan tahun baru banyak yang keliling kota menelusuri jalan sambil meniup teropet menggunakan kendaraan bermotor yang memakai bahan bakar dengan subsidi sehingga menghamburkan anggaran Negara untuk subsidi BBM.
  9. Gangguan kesehatan bagi pelaku karena kurang tidur, bagi remaja timbul jerawat, sakit pipi bekas tiup terompet, telinga katarak akibat mendengar bising terompet dan ledakan mercon. 
Yang disebutkan di atas adalah fakta yang dihimpun bukan berarti blogger melarang anda pembaca untuk merayakan pergantian tahun, karena saya tidak punya hak untuk melarang. Hidup adalah pilihan anda boleh pilih yang baik dan benar atau sebaliknya. Yang harus dilakukan adalah anda mengetahui ilmu. Dalam arti ilmu apa pun untuk menjalani hidup sesuai dengan aturan baik aturan manusia atau aturan Ilahi. Selamat menjalani kehidupan di tahun 2012 semoga kita di panjangkan usia  sehingga bertemu kembali dengan Januari tahun berikutnya, untuk terus berkarya demi kemajuan serta kejayaan bangsa Indonesia. Amiin.


DAFTAR PUSTAKA
Read More : http://www.wandi.com/2012/01/maknatahunbaru.html#ixzz



Tidak ada komentar:

Posting Komentar