Laman

Powered By Blogger

Rabu, 16 Mei 2012

peretumbuhan dan perkembangan anak


ANALISIS
PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN ANAK
A.          Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan anak dapat diartikan sebagai perubahan yang bersifat kuantitatif atau mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik yang irreversible. Selain itu, pertumbuhan dipandang pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik, Sedangkan Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir sampai mati (Kartono, 1989). Selanjutnya dikatakan bahwa tingkat perkembangan adalah satu pembagian masa kehidupan menurut jarak kronologis tertentu yang berubah-ubah secara tetap (Kartono, 1989). Dengan demikian yang dimaksud perkembangan anak adalah perubahan dalam aspek fisik dan psikhis secara berkesinambungan dan progresif.
B.          Ciri – ciri Pertumbuhan dan Perkembangan
Perkembangan ditandai dengan ciri-ciri umum, antara lain:
(1)     Perubahan dalam aspek fisik, meliputi: tinggi dan berat badan serta organ tubuh lainnya, aspek psikis, yaitu semakin bertambahnya perbendaharaan kata dan matangnya kemampuan berpikir, mengingat, serta menggunakan imajinasi kreatifnya,
(2)     Terjadinya perubahan dalam proporsi fisik berubah sesuai fase perkembangan dan aspek psikis perubahan imajinasi dari fantasi ke realis, perhatiannya tertuju pada diri sendiri ke orang lain,
(3)     Lenyapnya tanda-tanda lama, pada fisik: hilangnya kelenjar thysmus pada dada anak-anak, pineal pada bagian bawah otak, rambut halus, dan gigi susu. Pada aspek psikis, lenyapnya masa mengoceh, gerak-gerak anak (merangkak), dan perilaku impulsif (berbuat sebelum berpikir),
(4)     Diperoleh tanda-tanda baru, pada fisik; pergantian gigi dan karakteristik seks primer menstruasi pada wanita dan mimpi basah pada anak laki-laki, perubahan sekunder anggota tubuh pinggul dan buah dada pada wanita, kumis jakun pada pria. Pada aspek psikis, berkembangnya rasa ingin tahu terutama bidang seks, ilmu pengetahuan, nilai moral, dan keyakinan beragama (Yusuf, 2002).
C.          Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan pada Anak SD Kelas II, IV, dan VI
Pertumbuhan Anak pada Kelas II
SISWA
PERTUMBUHAN
PERKEMBANGAN
Nama Siswa: Sartika PuspitaSari
SD Kelas II
Usia 7 Tahun
Ø Tinggi badan 115 cm
Ø Berat badan 21 kg
Ø Ukuran sepatu 15
Ø Ukuran baju S

Komentar :
Pertumbuhan pada anak kelas II SD ditandai dengan tinggi dan berat badannya. Dikatakan pertumbuhan itu normal jika anak mengalami pertambahan tinggi
Per tahun dan berat badan1-2 kg. Disini faktor orang tua terhadap tumbuh kembang anak sangat berpengaruh  karena orang tua berfungsi sebagai fungsi biologis.
Ø Anak bersikap unik
Ø Anak mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan
Ø Anak bersikap aktif dan enerjik
Ø Anak itu egosentris
Ø Anak memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan antusias terhadap banyak hal
Ø Anak berjiwa eksploratif dan berjiwa petualangan
Ø Anak umumnya kaya akan fantasi
Ø Anak masih muda frustasi
Ø Anak masih kurang pertimbangan dalam bertindak
Ø Anak memiliki perhatian yang pendek
Ø Masa anak merupakan masa belajar yang paling potensial
Ø Anak semakin menunujukkan minat terhadap teman
Ø Masih belum memillliki sikap tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru

Komentar :
Terjadi perkembangan tingkah laku sosial. Yaitu tingkah laku yang mencerminkan kemampuan hidup berdampingan dengan orang lain. Perkembangan ini berdampak terhadap bagaimana seseorang anak dapat membiasakan menyesuaikan diri dengan lingkungan, dapat menerima, membantu, dan menghargai orang lain. Misalnya, tersenyum secara spontan, menaruh perhatian kalau namanya sendiri disebut, memberikan reaksi terhadap perkataan "tidak", dan lainnya.

Nama Siswa Alani Putri
SD Kelas IV
Usia 9 Tahun
Ø Tinggi badan 132 cm
Ø Berat badan 28 kg
Ø Proporsi tubuh terlihat lebih langsing dan panjang karena pertumbuhan kaki dengan lebih cepat dan lebih pajang daripada pertambahan panjang badan.
Ø Lingkar pinggang akan tampak mengecil karena pertambahan tinggi
Ø Ukuran sepatu 25
Ø Ukuran baju M

Komentar :
Pertubuhan pada anak usia 9 tahun Perubahan porporsi Pertumbuhan tinggi badan +5 cm pertahun, tinggi badan rata-rata 116 cm-150cm. Penambahan berat badan + 2-4 kg pertahun dengan berat rata-rata 21-40 kg. Berat badan bertambah karena memanjangnya tulang dan terbentuknya jarigan otot.Proporsi tubuh terlihat lebih langsing dan panjang karena pertumbuhan kaki dengan lebih cepat dan lebih pajang daripada pertambahan panjang badan. Panjang badan akan lebih memanjang pada usia 9 tahun. Lingkar pinggang akan tampak mengecil karena pertambahan tinggi. Fungsi tubuh lebih baik dan lebih spesifik. 

Ø Lebih suka berdiskusi dengan teman sebaya tentang topik seksual, memisahkan jenis kelamin dalam permainan aktifitas
Ø Mulai dapat mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan oleh guru
Ø Lebih pemberontak karena pada usia9 tahun merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa
Ø anak dapat menghafal dan membaca pelajaran secara lebih mudah dibanding berfikir atau memahami.

Komentar :
Aktivitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, memiliki kemampuan seleksi, bisa menolak atau menyetujui, memiliki emosi, dan berusaha membangun diri sendiri
Nama Siswa:Meta Dwi Carolina
SD Kelas VI
Usia 11 Tahun
Ø Tinggi badan 146 cm
Ø Berat badan 38 kg
Ø Rambut mulai tumbuh di sekitar pubis
Ø Panggul dan pinggul mulai membesar
Ø Payudara mulai membesar
Ø Suara terdengar nyaring
Ø Ukuran sepatu 35
Ø Ukuran baju L
Ø Pemecahan permasalahan bertambah
Ø Lebih bertanggung jawab apabila diberi tugas oleh guru
Ø Anak dapat menghafal, membaca pelajaran, berpikir atau memahami


















DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar