ANALISIS
PERTUMBUHAN
dan PERKEMBANGAN ANAK
A.
Pengertian
Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan anak dapat diartikan sebagai perubahan
yang bersifat kuantitatif atau mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran
dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik yang
irreversible. Selain itu, pertumbuhan
dipandang pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses
pematangan fungsi-fungsi fisik, Sedangkan Perkembangan dapat diartikan sebagai
perubahan yang berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir
sampai mati (Kartono, 1989). Selanjutnya dikatakan bahwa tingkat perkembangan
adalah satu pembagian masa kehidupan menurut jarak kronologis tertentu yang
berubah-ubah secara tetap (Kartono, 1989). Dengan demikian yang dimaksud
perkembangan anak adalah perubahan dalam aspek fisik dan psikhis secara
berkesinambungan dan progresif.
B.
Ciri
– ciri Pertumbuhan dan Perkembangan
Perkembangan
ditandai dengan ciri-ciri umum, antara lain:
(1) Perubahan dalam aspek fisik,
meliputi: tinggi dan berat badan serta organ tubuh lainnya, aspek psikis, yaitu
semakin bertambahnya perbendaharaan kata dan matangnya kemampuan berpikir,
mengingat, serta menggunakan imajinasi kreatifnya,
(2) Terjadinya perubahan dalam proporsi
fisik berubah sesuai fase perkembangan dan aspek psikis perubahan imajinasi
dari fantasi ke realis, perhatiannya tertuju pada diri sendiri ke orang lain,
(3) Lenyapnya tanda-tanda lama,
pada fisik: hilangnya kelenjar thysmus pada dada anak-anak, pineal pada bagian
bawah otak, rambut halus, dan gigi susu. Pada aspek psikis, lenyapnya masa
mengoceh, gerak-gerak anak (merangkak), dan perilaku impulsif (berbuat sebelum
berpikir),
(4) Diperoleh tanda-tanda baru,
pada fisik; pergantian gigi dan karakteristik seks primer menstruasi pada
wanita dan mimpi basah pada anak laki-laki, perubahan sekunder anggota tubuh
pinggul dan buah dada pada wanita, kumis jakun pada pria. Pada aspek psikis,
berkembangnya rasa ingin tahu terutama bidang seks, ilmu pengetahuan, nilai
moral, dan keyakinan beragama (Yusuf, 2002).
C.
Analisis
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Anak SD Kelas II, IV, dan VI
Pertumbuhan Anak pada
Kelas II
SISWA
|
PERTUMBUHAN
|
PERKEMBANGAN
|
Nama
Siswa: Sartika PuspitaSari
SD
Kelas II
Usia
7 Tahun
|
Ø Tinggi badan
115 cm
Ø Berat badan 21
kg
Ø Ukuran sepatu
15
Ø Ukuran baju S
Komentar
:
Pertumbuhan
pada anak kelas II SD ditandai dengan tinggi dan berat badannya. Dikatakan
pertumbuhan itu normal jika anak mengalami pertambahan tinggi
Per
tahun dan berat badan1-2 kg. Disini faktor orang tua terhadap tumbuh kembang
anak sangat berpengaruh karena orang
tua berfungsi sebagai fungsi biologis.
|
Ø Anak bersikap
unik
Ø Anak
mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan
Ø Anak bersikap
aktif dan enerjik
Ø Anak itu egosentris
Ø Anak memiliki
rasa ingin tahu yang kuat dan antusias terhadap banyak hal
Ø Anak berjiwa
eksploratif dan berjiwa petualangan
Ø Anak umumnya
kaya akan fantasi
Ø Anak masih
muda frustasi
Ø Anak masih
kurang pertimbangan dalam bertindak
Ø Anak memiliki
perhatian yang pendek
Ø Masa anak
merupakan masa belajar yang paling potensial
Ø Anak semakin
menunujukkan minat terhadap teman
Ø Masih belum
memillliki sikap tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru
Komentar
:
Terjadi
perkembangan tingkah laku sosial. Yaitu tingkah laku yang mencerminkan
kemampuan hidup berdampingan dengan orang lain. Perkembangan ini berdampak
terhadap bagaimana seseorang anak dapat membiasakan menyesuaikan diri dengan
lingkungan, dapat menerima, membantu, dan menghargai orang lain. Misalnya,
tersenyum secara spontan, menaruh perhatian kalau namanya sendiri disebut,
memberikan reaksi terhadap perkataan "tidak", dan lainnya.
|
Nama
Siswa Alani Putri
SD
Kelas IV
Usia
9 Tahun
|
Ø Tinggi badan 132
cm
Ø Berat badan 28
kg
Ø Proporsi tubuh
terlihat lebih langsing dan panjang karena pertumbuhan kaki dengan lebih cepat dan lebih pajang
daripada pertambahan panjang badan.
Ø Lingkar
pinggang akan tampak mengecil karena pertambahan tinggi
Ø Ukuran sepatu
25
Ø Ukuran baju M
Komentar
:
Pertubuhan
pada anak usia 9 tahun Perubahan
porporsi Pertumbuhan tinggi badan +5 cm
pertahun, tinggi badan rata-rata 116 cm-150cm. Penambahan berat badan
+ 2-4 kg pertahun dengan berat rata-rata 21-40 kg. Berat badan bertambah karena memanjangnya tulang dan
terbentuknya jarigan otot.Proporsi tubuh terlihat lebih langsing dan panjang
karena pertumbuhan kaki dengan lebih cepat dan lebih pajang daripada
pertambahan panjang badan. Panjang badan
akan lebih memanjang pada usia 9 tahun. Lingkar pinggang akan tampak mengecil karena pertambahan tinggi. Fungsi
tubuh lebih baik dan lebih spesifik.
|
Ø Lebih suka berdiskusi dengan teman
sebaya tentang topik seksual, memisahkan jenis kelamin dalam permainan
aktifitas
Ø Mulai dapat
mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan oleh guru
Ø Lebih
pemberontak karena pada usia9 tahun merupakan masa peralihan dari masa
kanak-kanak ke masa dewasa
Ø anak dapat
menghafal dan membaca pelajaran secara lebih mudah dibanding berfikir atau
memahami.
Komentar :
Aktivitas anak
sebagai subyek bebas yang berkemauan, memiliki kemampuan seleksi, bisa
menolak atau menyetujui, memiliki emosi, dan berusaha membangun diri sendiri
|
Nama
Siswa:Meta Dwi Carolina
SD
Kelas VI
Usia
11 Tahun
|
Ø Tinggi badan
146 cm
Ø Berat badan 38
kg
Ø Rambut mulai tumbuh di sekitar
pubis
Ø Panggul dan
pinggul mulai membesar
Ø Payudara
mulai membesar
Ø Suara
terdengar nyaring
Ø Ukuran sepatu
35
Ø Ukuran baju L
|
Ø Pemecahan
permasalahan bertambah
Ø Lebih
bertanggung jawab apabila diberi tugas oleh guru
Ø Anak dapat
menghafal, membaca pelajaran, berpikir atau memahami
|
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar