Selasa, 10 Juli 2012
percakapan antara guru dengan siswanya
Guru : selamat pagi anak-anak
Siswa : pagi bu guru
Guru : sebelum belajar mari kita berdoa terlebih
dahulu, coba siapa yang mau meminpin doa di depan?
Intan : saya, bu.
Guru : iya mbak intan silahkan maju di depan untuk
meminpin doa
Doa berlangsung
Guru : hari ini kita akan belajar tentang
nilai-nilai pancasila, dan tujuan dari pembelajaran hari ini adalah :
1.
Siswa dapat mengetahui Nilai-Nilai dalam
Pancasila.
2.
Siswa dapat memahami makna Nilai-Nilai
dalam Pancasila.
3.
Siswa dapat mengaplikasikan Nilai-Nilai
Pancasila dalam lingkungan keluaraga.
4.
Siswa dapat memberikan contoh nyata
dalam kehidupan berdasarkan sila-sila Pancasila.
Guru
: ok...sebelumnya minggu lalu kita kan
sudah belajar tentang materi ini. Yaitu tentang perumusan pancasila dan arti
dari pancasila.
Apakah
anak – anak masih ingat arti dari Pancasila, siapa yang tahu apa itu pancasila?
Fani : saya, bu. Pancasila itu dasar negara
G : iya benar sekali, pancasila adalah dasar negara
bangsa Indonesia. PENJELASAN
Ok ternyata anak – anak pintar sekali ya...baiklah
disini ada yang hafal pancasila tidak?
S: saya bu..
G: oh pintar sekali...silakan maju nak
S: MEMBACA
G: terimakasih mbk...waduh hebat bacanya ternyata
lancar sekali ya, tepuk tangan anak – anak
Baiklah setelah mengetahui sila – sila tersebut,
maka ibu akan menerangkan tentang nilai – nilai yang terkandung dari sila –
sila tersebut.
PENJELASAN
G: apakah masih ada yang belum paham ?
S: sudah bu...
G: hemmm...pintar sekali anak – anak ya..
Baiklah, kalau kalian sudah paham berarti ibu yang
akan bertanya
Siapa yang dapat memberikan contoh perilaku yang
mencerminkan sila 1 ?
S: saya bu
G: ok silahkan...
S: saya tadi berdo’a sebelum belajar bu....
G: ya berdo’a adalah contoh dari pengamalan sila ke
satu...kita berdo’a agar kita tetap dijaga oleh Allah SWT dari godaan setan dan
apa yang kita kerjakan hari ini bermanfaat bagi kita dan semua orang
G: lalu ada
yang bisa memberikan contoh perbuatan yang melanggar pancasila ?
S : saya bu
G ok silahkan, kira – kira apa mbk contohnya?
S: ( memmberikan contoh )
Baiklah selanjutnya ibu akan membentuk 5 kelompok
terdiri dari 4 orang
Disini ibu akan membagikan beberapa gambar untuk
kalian diskusikan.
Tugasnya yaitu mencocokkan gambar dengan nila – nila
yang terkandung didalam 5 sila tersebut.
Ibu akan memberikan waktu sektr 10 menit untuk mendiskusikan gambar tersebut.
Setelah itu salah satu dari anggota kelompok maju kedepan untuk menempelkan
gambar – gambar tersebuti kertas karton ini sesuai dengan sila – sila yang
terkandunng dari gambar tersebut.
PREMEMORY
G: baiklah anak – anak waktunya sudah habis, silahkn
perwakilan dari setiap kelompok untuk maju kedepan untuk menempelkan gambarnya
masing – masing.
GURU MENGAMATI GAMBAR
G : baiklah
mari kita bahas bersama – sama jawaban dari setiap kelompok.
GURU BERTANYA SETIAP ALASAN DARI JAWABAN SETIAP
KELOMPOK
SISWA MEMBERIKAN ALASAN
G uru memuji
PENUTUPAN
Guru : Jadi kesimpulannya, pancasila adalah dasar
negara kita yang tercinta. Penerapan Pancasila pun dapat kita temui dalam
kehidupan sehari-hari teruma dalam lingkungan keluarga kita. Dengan demikian
kita sebagai warga negara yang baik harus berbuat dan berperilaku sesuai
nilai-nilai Pancasil.
Guru memberikan tugas untuk peserta didiknya
Guru : baiklah, kita akhiri dahulu pertemuan hari
ini. Wassalammualaikum WR.WB
janji penulis
Saya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak bangsa. Saya ingin dekat dan membimbing mereka dengan GPS, supaya mereka tidak tersesat dalam menemukan jati diri dalam kehidupan mereka masing-masing.
Inilah janji saya sebagai seorang sahabat bagi murid-murid saya kelak.
Inilah janji saya sebagai seorang sahabat bagi murid-murid saya kelak.
Langganan:
Postingan (Atom)