GELOMBANG BUNYI
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah IPA2
Disusun oleh :
2011B
1.
Yuli Rahmawati (118000016)
2.
Rizka Pratiwi Jaya (118000110)
3.
Intan Nurul Arifin (118000090)
4.
Arista Syahril (118000102)
5.
Damayanti kambodia (118000099)
6.
Erwin Prasetyo (118000109)
UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA
SURABAYA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU
PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
2012
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa
atas rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan
baik dan tepat pada waktunya.
Makalah ini memuat tentang “ Gelombang Bunyi ” dan berbagai
penjelasannya. Makalah ini disusun agar
pembaca dapat memperluas ilmu tentang bunyi, yang kami sajikan berdasarkan dari
berbagai sumber. Ucapan terimakasih kami sampaikan setinggi-tingginya kepada
berbagai pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini, diantaranya :
1. Bapak
Fanani, S.T. selaku dosen pembimbing
2. Kedua
orangtua yang selalu memberi motivasi baik moril maupun materiil
Semoga makalah ini dapat memberikan
wawasan yang lebih luas kepada pembaca, khususnya kepada penyusun sendiri. Segala
saran dan kritik yang membangun masih kami harapkan agar makalah ini tersusun
lebih baik.
Surabaya, 9 April 2012
Penulis
Daftar Isi
Kata
Pengantar……………………………………………………………………i
Daftar
Isi………………………………………………………………………….ii
BAB I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang…………………………...……………...……………...1
1.2
Rumusan
Masalah............…………………….........…………………....2
1.3
Tujuan........……………………...……………….………...……………2
1.4
Manfaat.....................................................................................................2
BAB II. Pembahasan
2.1 Sifat
Bunyi................................................................................................4
2.2 Spektrum Bunyi: Fundamental dan
Harmonik.........................................7
2.3 Catatan
Irama............................................................................................9
2.4 Reproduksi Suara dan kebisingan...........................................................13
BAB III. Penutup
3.1 Kesimpulan.............................................................................................15
3.2 Saran.......................................................................................................16
Daftar
Pustaka……………………………………………………………………17
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Gelombang
adalah getaran yang merambat, baik melalui medium ataupun tidak melalui medium.
Perambatan gelombang ada yang memerlukan medium, seperti gelombang tali melalui
tali dan ada pula yang tidak memerlukan medium yang berarti bahwa gelombang
tersebut dapat merambat melalui vakum ( hampa udara ) , seperti gelombang
listrik magnet dapat merambat dalam vakum. Perambatan gelombang dalam medium
tidak diikuti oleh perambatan media, tapi partikel-partikel mediumnya akan
bergetar. Perumusan matematika suatu gelombang dapat diturunkan dengan
peninjauan penjalaran suatu pulsa. Dilihat dari ketentuan pengulangan bentuk,
gelombang dibagi atas gelombang periodik dan gelombang non periodik.
Berdasarkan
sumber getarnya, tanpa disertai dengan medium perantaranya, gelombang dapat
diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik. Bunyi merupakan gelombang mekanik yang dalam perambatannya
arahnya sejajar dengan arah getarnya (gelombang longitudinal).
Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanis
longitudinal”. Hal ini berarti bahwa bunyi memerlukan medium untuk merambat.
Medium perambatan bunyi dapat berupa zat padat ataupun fluida(zat alir,
meliputi zat cair dan gas). Partikel-partikel bahan yang mentransmisikan sebuah
gelombang seperti itu berosilasi di dalam arah penjalaran gelombang itu
sendiri.
Ada suatu jangkauan frekuensi yang besar dimana
dapat dihasilkan gelombang mekanis longitudinal dan gelombang bunyi adalah
dibatasi oleh jangkauan frekuensi yang dapat merangsang telinga dan otak
manusia kepada sensasi pendengaran. Jangkauan ini adalah kira- kira 20 siklus/
detik ( atau 20 Hz) sampai kira- kira 20.000 Hz dan dinamakan jangkauan suara
yang dapat didengar (audible range).Persepsi manusia terhadap bunyi terkait
dengan karakteristik bunyi yang dapat dirasakan. Secara umum ada dua karakteristik
bunyi yang mampu dirasakan oleh manusia, yaitu keras–lemahnya bunyi dan tinggi
rendahnya bunyi. keras–lemahnya bunyi terkait dengan amplitude dan energy
gelombang bunyi tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa saja sifat-sifat bunyi?
2.
Apa yang dimaksud dengan spektrum bunyi:
fundamental dan harmonik?
3.
Apa yang dimaksud dengan catatan irama?
4.
Apa yang dimaksud dengan reproduksi
bunyi dan kebisingan?
1.2 Tujuan
Penulisan
Mengetahui pengertian tentang
gelombang bunyi, sifat bunyi, dan spektrum bunyi dan penjelasannya.
1.3 Manfaat Penulisan
Menambah pengetahuan tentang ilmu fisika, khususnya
mengenai gelombang bunyi yang diharapkan dapat mempermudah proses perkuliahan.
BAB
2
PEMBAHASAN
2.1 Sifat Bunyi
Sebuah nada yang bercabang menghasilkan
bunyi yang lemah dan tidak menarik. Hal ini dikarenakan cabang tersebut bergetar seperti alat penghasil
perubahan arus listrik, menghasilkan
gelombang sinus sederhana seperti pada gambar 15-15a. Bunyi di buat oleh
manusia dan alat musik yang lebih rumit, seperti dalam
gambar 15-15b, kedua gelombang tersebut memiliki frekuensi atau puncak
yang sama, tetapi bunyinya sangat berbeda. Gelombang yang rumit adalah
gelombang yang dihasilkan dengan menggunakan prinsip dari
superposisi yang gelombang dari tambahan berbagai frekuensi.
Bentuk dari gelombang tergatung dari
amplitude nisbi yang frekuensinya banyak. dalam istilah komidi musik , berbeda
antara 2 gelombang yang disebut warna nada, corak nada, atau sifat nada
Sifat-sifat bunyi meliputi :
·
Merambat
membutuhkan medium
·
Merupakan
gelombang longitudinal
·
Dapat
dipantulkan
Karakteristik Bunyi ada beberapa
macam antara lain :
·
Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur.
·
Desah adalah bunyi yang frekuensinya tidak teratur.
·
Warna bunyi adalah bunyi yang frekuensinya sama tetapi
terdengar berbeda.
·
Dentum adalah bunyi yang amplitudonya sangat besar dan
terdengar mendadak.
Cepat rambat bunyi
Karena bunyi merupakan
gelombang maka bunyi mempunyai cepat rambat yang dipengaruhi oleh 2
faktor yaitu :
1.
Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin
rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi
merambat paling cepat pada zat padat.
2.
Suhu medium, semakin panas suhu medium yang dilalui
maka semakin cepat bunyi merambat. Hubungan ini dapat dirumuskan kedalam
persamaan matematis (v = v0 + 0,6.t) dimana v0 adalah cepat rambat pada suhu
nol derajat dan t adalah suhu medium.
Bunyi
bedasarkan frekuensinya dibedakan menjadi 3 macam yaitu
·
Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari
20 Hz. Makhluk yang bisa mendengan bunyii infrasonik adalah jangkrik.
·
Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz
sampai dengan 20 kHz. atau bunyi yang dapat didengar manusia.
·
Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya lebihdari 20
kHz. makhluk yang dapat mendengar ultrasonik adalah lumba-lumba.
Persamaan
yang digunakan dalam bab bunyi sama dengan pada bab gelombang yaitu v = s/t
BUNYI PANTUL
Bunyi pantul dibedakan menjadi 3
macam yaitu :
1.
Bunyi pantul memperkuat bunyi asli yaitu bunyi pantul
yang dapat memperkuat bunyi asli. Biasanya terjadi pada keadaan antara sumber
bunyi dan dinding pantul jaraknya tidak begitu jauh (kurang dari 10 meter)
2.
Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir
bersamaan dengan bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak antara 10 sampai 20
meter.
3.
Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi
asli. Biasanya terjadi pada jarak lebih dari 20 meter
Perbedaan
antara Nada dengan Desah, Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi teratur
sedangkan Desah adalah bunyi yang mempunyai frekuensi tidak teratur.
Beberapa
manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah
1.
dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini
yang digunakan adalah bunyi ultrasonik
2.
mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan
bunyi infrasonik
3.
mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain.
4.
diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi
audiosonik.
Persamaan
yang digunakan dalam bunyi sama dengan dalam gelombang yaitu v = s/t. Untuk
bunyi pantul digunakan persamaan v = 2.s/t
Kualitas suara
adalah kualitas output audio dari berbagai perangkat elektronik.
Kualitas suara dapat didefinisikan
sebagai tingkat akurasi yang dengan catatan perangkat
atau memancarkan gelombang suara
asli. Kualitas suara juga merupakan kenikmatan fisik atau kelelahan yang dialami oleh pendengar. Dalam pengaturan hidup keterampilan para
musisi, kualitas nada dari instrumen
mereka, dan ciri-ciri fisik dari tempat tersebut menentukan kualitas suara.
Dalam pengaturan
pemutaran, kualitas suara yang ditandai dengan ciri-ciri yang sama seperti dalam lingkungan hidup tapi juga dipengaruhi oleh teknik rekaman dan
peralatan yang digunakan, dari mikrofon pada sesi itu, melalui menekan di pabrik disc catatan
atau kompak, dengan kualitas elektronik dan speaker digunakan untuk menciptakan suara di rumah pendengar.
Kualitas suara
dari kebisingan dari suatu produk adalah yang terus meningkat
penting ketika menilai kualitas total produk.
Untuk produk mulai dari mobil sampai
alat-alat tangan, tidak hanya tingkat
tetapi juga kualitas dari kebisingan
itu membuat adalah bagian dari apa yang menarik atau mengusir pelanggan;
suara yang tepat dapat menyebabkan
penjualan meningkat.
Banyak faktor yang
ikut bermain dalam proses evaluasi
kualitas suara. Tradisional tujuan pengukuran dan
analisis metode, seperti A-tertimbang tekanan suara dan analisis FFT, tidak
cukup untuk menganalisis suara
produk. Pelanggan harapan dan pengujian juri
juga faktor penting untuk menentukan
kualitas suara yang diterima karena,
pada akhirnya, hanya telinga manusia dapat
memberitahu desainer apakah
produk tersebut memiliki suara yang
tepat.
2.2 Spektrum
Suara : Fundamental dan Nada Tinggi
Gelombang nada yang rumit dalam gambar
15-15b di hasilkan oleh clarinet.mengapa alat seperti klarinet mengkasilkan gelombang nada? Lajur
udara di dalam klarinet berbentuk seperti pipa tertutup.lihat kembali pada
gambar 15-11 ,yang menunjukan 3
frekuensi gema selama pipanya tertutup,jika klarinet panjangnya L, lalu
frekuensi terendahnya f1 ,hal ini
akan menghasilkan gema V/4L. frekuensi terendah ini disebut nada pokok.tetapi
pipa tertutup juga akan bergema dengan 3f
,5f ,& sedang berlansung.
Frekuensi yang lebih tinggi itu yang mana perkalian nomor gasal dari frekensi
pokok yang disebut dengan harmoni atau nada tinggi,penambahan frekuensi dari
nada tinggi yang perlihatkan oleh sebuah clarinet itu warna nada khusus.
Beberapa alat music, seperti suling,
memainkan sambil membuka resonator suling. Frekuensi nada pokoknya sekitar dengan nada tinggi pada frekuensi 1 ,
3f1 , 4f1, . . . . kombinasi yang
berbeda dan luas/lebar dari nada tinggi memperlihatkan setiap alat music itu
memiliki warna nada unik, sebuah grafik amplitude dari lawan gelombangnya
frekuensi disebut spectrum tinggi. The Spectra dari ketiga alat music
ditunjukkan pada gambar 15-16. Setiap spectrum berbeda warna nada di alat
music.
Suara sebagian besar dibuat dari campuran yang rumit dari getaran. (Ada pengenalan
suara dan getaran dalam dokumen "Bagaimana kerja alat musik kayu".) Jika
anda membaca juga di Internet, Anda mungkin bisa mendengar suara dari kipas di komputer
Anda, mungkin suara dari luar angin, deru lalu lintas - atau mungkin Anda
memiliki beberapa musik diputar di latar belakang, dalam hal ini ada campuran nada
tinggi dan catatan rendah, dan beberapa suara (seperti ketukan drum dan simbal
crash) yang tidak memiliki lapangan jelas.
Sebuah spektrum suara merupakan representasi dari suara - biasanya contoh
singkat dari suara - dalam hal jumlah getaran pada setiap frekuensi individu. Hal
ini biasanya disajikan sebagai grafik baik kekuasaan atau tekanan sebagai
fungsi dari frekuensi. Kekuatan atau tekanan biasanya diukur dalam desibel dan
frekuensi diukur dalam getaran per detik (atau Hertz, Hz singkatan) atau ribuan
getaran per detik (kilohertz, kHz singkatan). Anda dapat menganggap spektrum suara
sebagai resep suara: mengambil jumlah frekuensi tersebut, menambahkan bahwa jumlah
frekuensi dll sampai Anda telah mengumpulkan suara, utuh rumit.
Hari ini, spektrum
bunyi biasanya diukur dengan menggunakan :
·
mikrofon
yang mengukur tekanan suara selama suatu interval waktu tertentu,
·
sebuah konverter
analog-digital yang mengubah ini untuk serangkaian nomor (mewakili tegangan mikrofon)
sebagai fungsi dari waktu, dan
·
komputer
yang melakukan perhitungan atas angka-angka.
Komputer Anda
mungkin memiliki perangkat keras untuk melakukan ini sudah (kartu suara). Banyak paket software untuk analisis suara atau mengedit suara memiliki
perangkat lunak yang dapat mengambil contoh singkat dari rekaman suara,
melakukan perhitungan untuk mendapatkan
spektrum (digital Fourier Transform atau DFT)
dan menampilkannya dalam 'real time'
(yaitu setelah penundaan
singkat). Jika cara
memiliki ini, Anda dapat belajar banyak tentang spektrum dengan menyanyikan catatan berkelanjutan (atau bermain catatan pada alat musik) ke dalam mikrofon dan melihat spektrum
mereka.
Jika Anda mengubah
kenyaringan, ukuran (atau amplitudo) dari komponen spektral akan lebih besar. Jika Anda mengubah lapangan, frekuensi semua komponen meningkat. Jika
Anda mengubah suara tanpa
mengubah kenyaringan atau pitch maka Anda, menurut definisi,
mengubah timbre nya. (Timbre memiliki definisi yang negatif - itu adalah
jumlah dari semua kualitas yang
berbeda dalam dua suara yang
berbeda yang memiliki pitch
yang sama dan kenyaringan yang sama.) Salah satu hal yang menentukan timbre adalah
ukuran relatif dari komponen
spektral yang berbeda . Jika Anda menyanyikan "ah" dan "ee" di lapangan yang sama dan kenyaringan,
Anda akan melihat bahwa ada perbedaan
besar antara spektra.
2.3 Catatan
Irama
Anda pernah tahu bahwa persesuaian ditetapkan dalam perbandigan
frekuensi, ketika perbandingan 1:1 frekuensi menjadi sangat pendek. Dua
frekuensi yang hampir sama bercampur hingga menghasilkan tingkat bunyi yang
tinggi & rendah, seperti dulu dalam bentuk gambar 15-18. Goyangan gelombang
amplitude disebut irama. Kekerapan dari irama dari perbedaan jaraknya antara
dua gelombang bunyi frekuensi, beat = ⃒FA -
FB ⃒ ketika perbedaan lebih dari 7Hz telngan
medeteksi getaran ini sebagai getaran sura yang keras. Alat music yang sering
di setem lawan satu bunyi yang lain dan membentulkan satu frekuensi sampai
irama menghilang.
Pada minggu terakhir, kami mulai melihat adegan-adegan
dari balai kota di seluruh negeri sangat mirip dengan kota-balai pertemuan
marah terinspirasi oleh RUU reformasi kesehatan pada bulan Agustus 2009. Kali
ini, anggota Kongres dari Partai Republik adalah target. Pada satu kota-balai
pertemuan demi satu, mereka mendapatkan pertanyaan menunjuk dan kadang-kadang
marah dukungan mereka terhadap rencana Anggaran DPR Ketua Komite Paulus Ryan,
yang akan memangkas pengeluaran pemerintah dan yang 235 dari 241 Republikan DPR
disetujui dalam pemungutan suara simbolik (anggaran tidak akan pernah melewati
Senat).
Lawan meminta anggota kongres dan wanita mengapa
mereka mendukung rencana untuk mengubah Medicare ke dalam program voucher yang
tidak memadai, memangkas berbagai pengeluaran yang menguntungkan miskin dan
kelas menengah, dan pada saat yang sama memberikan kaya mandi pemotongan pajak
(Anda dapat melihat menyoroti beberapa video disini).
Hal ini menimbulkan pertanyaan bukan hanya tentang
perwakilan tetapi juga tentang pers. Setiap hari, wartawan dan editor membuat
serangkaian keputusan tentang cerita yang mereka hasilkan. Siapa yang harus
mendapatkan dikutip? Yang perlu menyelidiki klaim faktual? Yang cerita harus
pergi di halaman depan atau di bagian atas siaran? Keputusan paling dasar,
meskipun, adalah yang pertama: Apakah ini - acara ini, pernyataan ini, tren
baru jadi, konflik ini - layak diberitakan? Apakah itu sesuatu yang menuntut
perhatian kita dan pendengar kita perlu tahu tentang? Atau dapat kita
mengabaikan itu dan melemparkan pandangan kita di tempat lain? Pada awalnya,
setidaknya, jawabannya tekan 'dengan pertanyaan tentang balai kota terakhir
sebagian besar untuk mengabaikannya.
Kontras bahwa dengan berapa banyak tahun 2009 balai
kota dipenuhi gelombang udara selama musim panas lambat-berita. Untuk wartawan
nasional, tinggal dan bekerja di gelembung tertentu yang Washington, selalu
berbahaya untuk mencoba untuk mendapatkan pegangan pada opini publik. Semua
cara untuk menilai hanya apa yang merupakan "masyarakat", dan
bagaimana kita dapat memahami apa yang percaya, terasa, dimotivasi oleh, dan
kemungkinan untuk dilakukan, tidak sempurna.
Jadi sejumlah kecil warga marah berhasil meyakinkan
media bahwa apa yang mereka katakan, apakah itu dalam sebuah protes atau petisi
atau serangkaian konfrontasi dengan para politisi, merupakan representasi
berarti dan konsekuensi dari apa yang rakyat Amerika secara keseluruhan adalah
perasaan tentang Undang-Undang Perawatan Terjangkau. Sepertinya pencurahan
dramatis kemarahan akar rumput. Anggota Demokrat Kongres yang berteriak,
berteriak, menjerit, dan berteriak di oleh konstituen ngeri bahwa sosialisme
(dalam bentuk RUU reformasi kesehatan di mana warga akan terus menerima
perawatan dari dokter swasta di rumah sakit swasta dibayar oleh perusahaan
asuransi swasta) telah tiba di Amerika. Dan itu dimainkan lagi dan lagi di
berita malam, visi masyarakat bangkit melawan Demokrat dan terhadap pemerintah
besar.
Segera menjadi jelas bahwa kota-balai ledakan tidak
begitu akar rumput setelah semua, tetapi didorong, terorganisir, dan
dikoordinasikan oleh angka nasional dan organisasi konservatif lokal, terutama
FreedomWorks, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Rumah Pemimpin Mayoritas
mantan Dick Armey murah hati dan didanai oleh orang-orang seperti sekarang
terkenal bersaudara Koch. Peran kunci dari elit konservatif dan kepentingan
bisnis dalam pemberontakan balai kota mungkin mempertanyakan sejauh mana itu
bisa dipahami sebagai ekspresi dari "opini publik," meski sudah pasti
diperlakukan seperti itu.
Jadi sekarang wartawan bertanya lagi: Apakah ini
kota pertemuan berita? Mereka bertanya lagi apakah ledakan adalah nyata, apakah
mereka pencurahan sentimen asli, atau malah diproduksi. Partai Republik
berpendapat keras bahwa semuanya sedang diatur, dan karena itu wartawan harus
mengabaikannya. Mereka setengah benar - ada beberapa organisasi di tempat
kerja, namun tidak kurang dari ada pada tahun 2009.
Tapi sesuatu dapat diatur dan asli pada saat yang
sama. Setelah semua, orang yang muncul di balai kota tidak aktor. Mereka
benar-benar marah, bahkan jika mereka telah menyerahkan beberapa poin
berbicara. Balai kota selalu pertunjukan, kesempatan bagi politisi untuk
menunjukkan kepeduliannya terhadap orang biasa dan pertimbangan nya untuk
pendapat mereka, namun kurang informasi atau tidak masuk akal mereka mungkin.
Dia akan mendengarkan dengan penuh perhatian, tersenyum hangat, menempatkan
tangannya di bahu atau dua untuk menunjukkan keakraban dan kasih sayang.
Tapi sekarang, balai kota telah menjadi kesempatan
bagi warga untuk melakukan. Mereka adalah orang-orang yang suaranya menarik
kamera - tetapi hanya jika mereka mengangkat suara-suara ke nada kemarahan.
Demokrat mungkin berpendapat bahwa balai kota saat
ini menunjukkan opini publik yang benar, yang telah laten, diaktifkan oleh
kondisi politik. Itu karena ketika datang ke jenis opini kita dapat mengukur,
rencana Ryan menghasilkan inversi dari apa yang kita lihat dua tahun lalu (dan
masih melihat) dengan Undang-Undang Perawatan Terjangkau. Sepanjang perdebatan
kesehatan, jajak pendapat menunjukkan secara konsisten bahwa masyarakat
terpecah ketika diminta untuk memberikan mereka acungan jempol atau-down untuk
sesuatu yang diidentifikasi hanya sebagai "reformasi layanan
kesehatan" atau "kesehatan rencana Presiden Obama." Namun,
ketika jajak pendapat menggambarkan isi sebenarnya dari reformasi itu, hampir
setiap ketentuan (dengan pengecualian mandat individu) menerima dukungan luar
biasa.
Sebaliknya yang terjadi sekarang dengan anggaran
Ryan: Ketika ditanya apakah mereka lebih suka "rencana Partai Republik
yang diajukan oleh anggota Kongres Ryan Paulus atau rencana Demokrat diajukan
oleh Presiden Barack Obama," responden sama-sama dibagi. Tapi ketika
pengumpul suara menjelaskan apa anggaran Ryan sebenarnya, mayoritas
menentangnya, terutama para senior di Partai Republik yang tergantung.
Jadi
yang merupakan cerminan sejati opini publik: apa yang dipikirkan orang tentang
apa yang sedikit yang mereka ketahui, atau apa yang orang pikirkan ketika Anda
memberi mereka sedikit informasi? Jawabannya adalah bahwa keduanya, seperti
juga hal-hal orang bersedia untuk berdiri dan berteriak.
Setelah beberapa hari mengabaikan anti-Republik baru
balai kota konflik, jurnalis memperhatikan. Demokrat dapat mengatur untuk
mengubah narasi sekitar anggaran Republik dari "Partai Republik memiliki
rencana yang berani dan berani untuk membawa kami keluar dari utang"
menjadi "Partai Republik ingin membongkar Medicare sehingga mereka dapat
memberikan pemotongan pajak lebih untuk orang kaya." Dalam proses ini,
orang Amerika menonton berita benar-benar dapat belajar sedikit tentang apa
anggaran Republik tidak. Yang tidak dapat menjadi hal yang buruk.
2.4 Reproduksi
Suara dan Kebisingan
Sering kali suara yang telah dicatat dan dimainkan itu melalui sistem
elektronik. Untuk mereproduksi suara ini dapat di percaya, sistem harus mengakomodasi
semua frekuensi sama. Sebuah sistem stereo yang bagus menyimpan amplitudo dari seluruh
frekuensi antara 20 dan 20,000 Hz sama untuk dalam waktu 3 dB.
Sebuah sistem telepon, di sisi lain, kebutuhan hanya untuk mengirimkan informasi
dalam bahasa lisan. Frekuensi antara 300 dan 3000 Hz yang cukup. Mengurangi
jumlah frekuensi ini membantu mengurangi kebisingan. Gelombang suara ditunjukkan
pada Gambar 15-19. Banyak frekuensi yang hadir dengan sekitar amplitudo yang
sama. Sementara suara tidak membantu dalam sistem telepon, orang mengklaim bahwa
mendengarkan suara memiliki efek menenangkan, dan beberapa kebisingan penggunaan
dokter gigi untuk membantu pasien mereka bersantai.
Hal ini dimungkinkan untuk mereproduksi rekaman stereo di sebuah ruang tamu
biasa sehingga pendengar memiliki ilusi bahwa dua pengeras suara telah
menghilang. Ketika mereka menutup mata mereka, mereka dengan mudah dapat
membayangkan untuk hadir di ruang rekaman, karena mereka mendengarkan adegan
suara hantu di depan mereka
Sebagian besar dari pengeras suara yang telah dijual - speaker kotak khas -
hanya dapat menghasilkan efek ini untuk tingkat yang terbatas karena
keterbatasan mendasar: mereka memancarkan suara ke dalam ruangan dengan
intensitas yang berbeda pada frekuensi yang berbeda dan sudut, meskipun mereka
mengukur rata di sumbu. Akibatnya banyak refleksi dari permukaan ruangan yang
sonically diwarnai dengan cara yang karakteristik untuk pengeras suara kotak.
Kami selalu mengenali suara berasal dari kotak daripada menjadi hidup. Ini adalah
suara loudspeaker generik.
Ini telah menjadi perjalanan yang mempesona bagi saya
untuk datang ke pemahaman ini. Pengeras suara dengan frekuensi directionality independen, konstan seperti omni, pengeras suara dipol atau cardioid, menyebabkan refleksi di kamar yang dasarnya tertunda replika dari suara langsung dan yang karena itu kurang berwarna. Telinga / otak aparat persepsi Anda tidak bingung dengan replika suara. Sebaliknya ia membandingkan mereka dengan perilaku akustik akrab kamar Anda dan mudah selimut informasi yang berlebihan dan dengan demikian ruangan. Respon otomatis otak berkaitan dengan Efek Precedence di psychoacoustics dan sangat penting untuk menciptakan ilusi "menjadi ada" dengan menarik perhatian dari akustik ruang tamu.
untuk datang ke pemahaman ini. Pengeras suara dengan frekuensi directionality independen, konstan seperti omni, pengeras suara dipol atau cardioid, menyebabkan refleksi di kamar yang dasarnya tertunda replika dari suara langsung dan yang karena itu kurang berwarna. Telinga / otak aparat persepsi Anda tidak bingung dengan replika suara. Sebaliknya ia membandingkan mereka dengan perilaku akustik akrab kamar Anda dan mudah selimut informasi yang berlebihan dan dengan demikian ruangan. Respon otomatis otak berkaitan dengan Efek Precedence di psychoacoustics dan sangat penting untuk menciptakan ilusi "menjadi ada" dengan menarik perhatian dari akustik ruang tamu.
Ini telah menjadi perjalanan yang mempesona bagi saya untuk datang ke
pemahaman ini. Awalnya, pengeras suara panel elektrostatik telah menggelitik
saya, karena mereka sepertinya melakukan sesuatu yang secara fundamental benar
ketika benar mengatur, dan ini jelas meskipun keterbatasan mereka. Aku bisa
melihat di belakang bahwa desainer loudspeaker beberapa telah menunjuk manfaat
omni-directional pengeras suara. The + ORION telah menunjukkan kepada saya apa
lebih mungkin dalam 2-saluran reproduksi suara, dengan ketentuan bahwa rekaman berisi
isyarat spasial alami dan tidak hanya merupakan campuran suara buatan.
Reproduksi suara yang akurat dalam mencapai untuk Anda juga. Mengejutkan
diri sendiri dengan believability ilusi ketika dua pengeras suara dengan benar
merangsang kamar Anda, telinga dan otak. Anda menemukan diri Anda hilang dalam
musik dan ruang.
BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
1.
Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik
longitudinal. Gelombang bunyi dikelompokkan menjadi 3, yaitu gelombang
infrasonik, gelombang audio dan gelombang ultrasonik.
2.
Karakteristik bunyi dicirikan oleh keras
dan tingginya bunyi. Keras lemahnya bunyi tergantung pada besar kecilnya
amplitude gelombang bunyi itu. Gelombang bunyi dapat dipantulkan (mengalami
refleksi), dibiaskan, dilenturkan dan diserap.
3.
Sifat-sifat bunyi meliputi : merambat membutuhkan
medium, merupakan gelombang longitudinal, dapat dipantulkan.
3.2. Saran
1.
Untuk pembaca dapat menambah dapat menambah wawasan
dan bisa memberikan kritik membangun bagi penulis.
2.
Untuk lembaga pendidikan diharap agar bisa menerapkan
dalam pembelajaran.
3.
Untuk lembaga penelitian diharapkan bisa menghasilkan
penemuan yang lebih baik
Daftar Pustaka
Cruel
and Kjaer. Sound quality. http://www.bksv.com/Applications/SoundQuality.aspx.
Diakses pada tanggal 29 maret 2012.
The
university new south wales. Music acoustic. http://www.phys.unsw.edu.au/jw/sound.spectrum.html.
Diakses pada tanggal 29 maret 2012.
Paul Waldman. Beat Notes From the Town Hall. http://prospect.org/article/beat-notes-town-hall.Diakses pada tanggal 29 maret 2012.
Linkwitz
Lab. The best sound reproduction. http://www.linkwitzlab.com/reproduction.htm.
Diakses pada tanggal 4 april 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar